oleh

Target Rampung 10 Februari, Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Kaltim Telah Mencapai 68,5 Persen

-Ragam-215 views

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Pemberian Vaksinasi Covid-19 di Kaltim telah menjangkau 10 kabupaten/kota.
Realisasi penyuntikan vaksin Covid-19 di Kaltim yang dimulai sejak 28 Januari 2021 (termin 1) hingga 28 Januari 2021 (termin 2) trlah mencapai 65,8 persen.
Hal ini diungkapakan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Kaltim, Andi Muhammad Ishak, saat mengikuti video conference rapat koordinasi terkait monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19.
Rapat tersebut dipimpin Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI, dan Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, Selasa (2/2/2021).
Andi menjelaskan Kemenkes menarget vaksinasi termin 1 (14 Januari) sudah rampung seluruhnya pada 10 Februari pekan depan.
Sementara vaksinasi termin 2, harus sudah selesai pada minggu ketiga Februari.
“Cakupan Kaltim sebenarnya sudah di atas rata-rata nasional yakni 68,5 persen,” kata Andi, Selasa (2/2/2021).
Salah satu daerah yang rendah vaksinasinya adalah Samarinda. Cakupan vaksinasi di Ibu Kota Kaltim ini masih 62 persen. Padahal Kota Tepian masuk dalam vaksinasi termin 1.
Padahal, Bontang yang baru saja melakukan proses vaksinasi, prosesnya sudah 84 persen.
Kutai Kartanegara juga cukup baik, meskipun populasi tenaga kesehatan (nakes) cukup banyak dan tersebar, dengan waktu vaksinasi di termin 1 (penyuntikan 14 Januari).
“Artinya memang perlu ada percepatan dalam rangka mengejar target 10 Februari sudah selesai. Kita diminta memonitor secara rutin terkait pelaksanaan ini, dan penanganan hambatannya,” jelasnya.
Tidak hanya Samarinda, tiga daerah dengan progres vaksinasi rendah di antaranya PPU, Paser, dan Berau. Sementara 6 kab/kota lainnya vaksinasi sudah di atas 70 persen.
“Sistem terus diperbaiki didukung dengan input manual ke dalam aplikasi. Ada empat daerah yang perlu dilakukan percepatan, yakni Samarinda, Paser, Berau dan PPU. Sementara yang lainnya sudah di atas 70 persen,” pungkasnya. (Redaksi Kabarborneo)

BACA JUGA :  Menkes : Virus Corona seperti India telah Masuk RI, 10 orang Terpapar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait