oleh

Kembali Mengalami Perubahan, Kapan Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS dan PPPK?

KABARBORNEO.ID, Perubahan Kembali Terjadi  Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  seiring adanya revisi infomasi portal resmi pada sscasn.bkn.go.id

Sebelumnya nya pendaftaran  akan di buka hari senin, (31/05/2021) namun terjadi perubahan di portal resmi sscasn.bkn.go.id.

portal tersebut sudah memuat pengumuman mengenai jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 meliputi tahapan dari pengumuman lowongan hingga pengumuman hasil kelulusan.

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 memang dilakukan memalui satu portal terintegrasi yakni sscasn.bkn.go.id. Semula, timeline pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021 seharusnya sedang berlangsung saat ini.

“Kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan tanggal 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021,” tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id, dikutip Kompas.com pada Senin (31/5/2021).

Hanya saja, pada Selasa (1/6/2021) hari ini, informasi tersebut kembali berubah. Tanggal yang sebelumnya tercantum dalam pengumuman tersebut saat ini sudah dihapus.

Sementara itu, pada menu layanan informasi laman sscasn.bkn.go.id juga sudah terdapat sub menu info lowongan. Hanya saja, sub menu info lowongan CPNS dan PPPK 2021 di laman resmi tersebut hingga saat ini belum bisa diklik atau dibuka. Hal serupa juga terjadi pada tahapan pendaftaran.

“Pendaftaran seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru dapat dilakukan mulai tanggal 31 Mei sampai dengan 21 Juni 2021,” tulis petikan pengumuman dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id kemarin.

Lagi-lagi, tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 yang disebutkan dalam pengumuman tersebut sudah dihapus. Pada kesempatan berbeda, BKN sebelumnya juga menegaskan bahwa pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 belum dimulai pada 31 Mei 2021.

Yang jelas, dalam laman sscasn.bkn.go.id juga terdapat informasi tambahan mengenai kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka.

“Setiap instansi mempunyai ketentuan masing – masing untuk waktu pendaftaran, pastikan kamu telah membaca pengumuman instansi yang kamu pilih,” demikian bunyi informasi di sscasn.bkn.go.id.

Adapun seleksi CPNS dan PPPK 2021 dipastikan disertai dengan tahapan seleksi administrasi setelah jadwal pendaftaran ditutup. Sayangnya, tanggal pelaksanaan seleksi administrasi ini juga kembali berubah.

“Proses seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 31 Juni 2021,” sebut sscasn.bkn.go.id, sebelum informasi tersebut dihapus.

Pada tahapan seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2021 ini, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan terhadap hasil yang diumumkan. Karena itu, panitia menyediakan masa sanggah untuk para peserta.

“Masa sanggah hasil seleksi administrasi dapat dilakukan mulai tanggal 1 sampai dengan 11 Juli 2021,” sebutnya, yang juga kini pencantuman tanggalnya sudah diedit.

Sementara itu, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tes CPNS bakal melalui tahap ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Jadwal antara SKD CPNS 2021 dan jadwal SKD PPPK 2021 tidak dilakukan secara bersamaan.

Sebelumnya disebutkan dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id, pelaksanaan ujian SKD CPNS bakal berlangsung mulai Juli sampai dengan September 2021.

Sedangkan pelaksanaan ujian SKD PPPK Non Guru mulai Juli sampai dengan September 2021 setelah pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS selesai.

“Pelaksanaan ujian seleksi komptensi bidang CPNS mulai September sampai dengan Oktober 2021,” tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id, sebelum mengalami perubahan.

Kini, jadwal ujian SKD dan SKB CPNS dan PPPK 2021 juga ikut tak jelas kapan akan dilaksanakan. Demikian juga mengenai tahapan terakhir yakni pengumuman kelulusan CPNS 2021, yang masih jadi teka-teki hingga saat ini.

Padahal sebelumnya dalam laman sscasn.bkn.go.id dijelaskan, pengumuman kelulusan seleksi dan masa sanggah dilaksanakan pada November 2021. Adapun penetapan NIP CPNS dan Nomor Induk PPPK adalah pada Desember 2021.

Alhasil, secara keseluruhan jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 belum ada kepastian kapan akan mulai dibuka secara resmi.(redaksi kabarborneo)

 

BACA JUGA :  Tak Mampu Bayar Jasa, Pria Di Banjarmasin Tega Mutilasi Teman Kencannya

 

Artikel ini telah tayang di kompas dengan judul Berubah Lagi, Kapan Pendaftaran Seleksi PPPK dan CPNS 2021 Dibuka?