oleh

Rentan Tertular Infeksi Covid-19, Lansia Dapat Prioritas Vaksinasi Tahap Kedua

KABARBORNEO.ID – Lansia mendapatkan prioritas untuk vaksinasi covid-19 pada tahap kedua di Indonesia. Beberapa alasan lansia penting mendapatkan vaksin covid-19

Ahli Geriatri Profesor Siti Setiati menjelaskan lansia merupakan orang yang rentan tertular infeksi covid-19 dibandingkan kelompok umur lainnya. Data global menunjukkan lebih dari 10,7 juta kasus covid-19 terjadi pada lansia.

Covid-19 yang menyerang lansia juga berisiko menjadi parah dan mengakibatkan kematian. Sebanyak 48,3 persen kasus meninggal dunia karena covid-19 terjadi pada lansia

“Lansia berisiko tertular dan kalau tertular, sangat berisiko mengalami kondisi yang berat. Bahkan, sampai kematian. Ini karena penuaan melemahkan sistem imun,” kata Siti dalam webinar Entrasol, Minggu (7/3/2021).

Siti menjelaskan sistem imunitas orang berusia di atas 60 tahun melemah seiring penuaan yang terjadi pada tubuh, sehingga meningkatkan inflamasi atau peradangan.

Peradangan menyebabkan pertahanan tubuh tidak lagi sensitif terhadap patogen.

Selain penuaan, penyakit penyerta, seperti hipertensi dan diabetes yang umumnya banyak terjadi pada lansia juga ikut membuat daya tahan tubuh melemah.(tim redaksi kabarborneo)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia dengan judul Alasan Lansia Penting Divaksinasi Covid-19

BACA JUGA :  Pemkot Balikpapan Wajibkan Lansia yang Terkonfirmasi Positif covid-19 untuk isolasi di Asarama Haji

Berita Terkait