oleh

Mahasiswa Farmasi UMKT Gelar Senam Jantung Sehat Bersama Masyarakat di Kelurahan Pelita

KABARBORNEO.ID-SAMARINDA Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan senam jantung sehat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran pada masyarakat Kelurahan Pelita, Jalan Lambung Mangkurat Gang Rahmat 2, Sabtu (11/12/2021).

Senam jantung sehat merupakan olahraga yang mengutamakan pada kemampuan jantung, pergerakan otot dan kelenturan sendi. Senam jantung sehat memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Tak hanya itu, senam jantung sehat juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, mencegah kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Dokumentasi senam bersama mahasiswa bersama masyarakat.

Dosen Pembimbing Kuliah Kerja Praktik (KKP), apt. Rizki Nur Azmi, M.Farm., yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan tujuan dari kegiatan yang dilakukan.

BACA JUGA :  Om Liem “Gelandangan China” Pencipta Indofood

“Kegiatan ini kami lakukan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang senam jantung sehat sebagai upaya mencegah atau membantu mengatasi berbagai penyakit jantung, seperti hipertensi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebugaran tubuh” sampainya.

Penerapan pola hidup sehat dengan gemar melakukan aktivitas fisik seperti senam juga mendukung terlaksananya program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah digalakkan Pemerintah Republik Indonesia.

“Kebugaran dan kesehatan tubuh menjadi hal yang penting untuk disadari masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Kami harap masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.” tutupnya. (Tim Redaksi KabarBorneo.ID)

 

Berita Terkait