oleh

Mahasiswa Farmasi UMKT Lakukan Cek Kesehatan Gratis Kepada Masyarakat

-Kesehatan, Ragam-118 Dilihat

KABARBORNEO.ID-SAMARINDA Mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mengadakan cek kesehatan gratis dengan pemeriksaan tensi dan kadar asam urat masyarakat di daerah Lambung Mangkurat, Sabtu (11/12/2021).

Selain cek kesehatan gratis, masyarakat juga diminta untuk mengerjakan soal-soal pretest dan posttest guna mengetahui tingkat pengetahuan terhadap penyakit hipertensi.

banner Pemkot

“Hipertensi sekarang jadi masalah utama kita semua, tidak hanya di Indonesia tapi di dunia, karena hipertensi ini merupakan salah satu pintu masuk atau faktor risiko penyakit seperti jantung, gagal ginjal, diabetes, stroke.” Ucap Rizki Nur Azmi

Cek kesehatan gratis yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Farmasi UMKT, Sabtu (11/12/2021).

“Pengetahuan tentang hipertensi di kalangan warga masih minim, untuk itu kami melakukan kegiatan seperti cek kesehatan gratis, memberi penjelasan tentang hipertensi, dan memberikan jamu agar nantinya para warga mengetahui cara penanganan dan pemberian obat yang tepat bagi penderita hipertensi.” Tambahanya

BACA JUGA :  14 Sekolah di Samarinda Rencanakan Lakukan PTM untuk Mengantisipasi Learning Loss

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) merupakan masalah kesehatan utama di negara maju maupun negara berkembang. Hipertensi menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak disandang masyarakat.

“Hipertensi disebut sebagai the silent killer karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak mengetahui dirinya menyandang hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi.” Tutupnya. (Tim Redaksi KabarBorneo.Id)

Baca Juga