oleh

Hasil Survei ARSC Tempatkan AHY Ranking 3 Capres 2024

KABARBORNEO.ID – Berdasarkan hasil survei yang dirilis Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati urutan ketiga sebagai Ketum partai politik (parpol) yang paling dipilih untuk menjadi kandidat Calon Presiden (Capres) di 2024 nanti.

Nama AHY berada di bawah elektabilitas Ketum Gerindra dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di urutan pertama dan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di urutan kedua.
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut hasil elektabilitas itu merupakan bentuk dari kejenuhan masyarakat melihat berbagai tokoh yang itu-itu saja dalam wacana Capres 2024.

“Demokrat menyampaikan kalau hasil survei ini merupakan perwujudan aspirasi rakyat kepada AHY sebagai harapan baru. Ada kejenuhan rakyat dalam melihat deretan nama calon pemimpin nasional yang seputar itu-itu saja,” jelas Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/5/2021).

Menurut Herzaky, saat ini sosok AHY dipilih masyarakat karena selain merupakan Ketum Partai Demokrat, dia juga dianggap sebagai sosok yang pas jika disandingkan dengan tokoh bukan Ketum Parpol.

“Rakyat mencari siapa sosok pemimpin baru pengganti Jokowi yang bisa memberikan warna berbeda dalam kepemimpinan nasional di 2024,” kata dia.

“Bukan hanya di deretan Ketum Parpol yang dianggap paling tepat sebagai Capres, melainkan juga disandingkan dengan calon pemimpin nasional di luar Ketum Parpol, AHY tetap masuk deretan teratas,” sambungnya.

BACA JUGA :  Menuju Pilkada 2024, Kemendagri Tegaskan Wewenang Pejabat Seperti Kepala Daerah

Herzaky mengklaim bahwa hasil survei ini menunjukan keyakinan masyarakat akan kapabilitas AHY sebagai Ketum Demokrat.

Selain itu, hasil survei dapat menjadi gambaran keberhasilan AHY menghadapi polemik kepemimpinan di tubuh Partai Demokrat yang terjadi beberapa bulan belakangan.

“Keberhasilan AHY menangani para pelaku KLB ilegal dengan tegas, cepat dan tepat, serta menguatkan kebersamaan dan kekompakan struktur maupun kader merupakan salah satu faktor yang membuat tingkat kepercayaan publik meningkat drastis,” papar Herzaky.

Adapun survei tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Lima elektabilitas tertinggu Ketum Parpol berdasarkan survei tersebut adalah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memperoleh hasil 37,92 persen, kemudian disusul oleh Ketum PDI Perjuangan Mehawati Soekarnoputri dengan perolehan 10,78 persen.

AHY sebagai Ketum Partai Demokrat berada di peringkat ketiga dengan jumlah elektabilitas diangka 8,89 persen. Peringkat keempat diisi oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartanto dengan 8,27 persen.

Sementara itu Ketum Nasdem Surya Paloh ada di peringkat kelima dengan elektabilitas 6,78 persen. (ASA)

Artikel imi telah tayang di kompas.com dengan judul “Survei ARSC, AHY ranking 3 capres 2024. Demokrat :  Masyarakat Jenuh Lihat Calon Pemimpin itu-itu saja”

Berita Terkait