Advertorial

Wakil Ketua DPRD Samarinda Himbau Warga Tetap Jaga Kebersihan saat Pemotongan Hewan Kurban

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi himbau warga, khususnya para panitia pemotongan hewan kurban saat pelaksanaan lebaran Idul Adha 1444 Hijriyah tidak membuang limbah ke sungai atau drainase di sekitar tempat pemotongan.

“Jangan dicuci atau dibuang ke sungai agar tidak ada pencemaran dan buanglah sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terdekat, ” kata Subandi.

Menurutnya, membuang rumen atau kotoran berupa organ lambung hewan kurban ke sungai dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

“Karena air sungai ini ‘kan mengalirnya ke Sungai Mahakam semua dan tentunya itu dapat membuat pencemaran pada lingkungan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  DPRD Kota Samarinda Beri Catatan di Satu Tahun Kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi

Selain itu, Subandi meminta masyarakat tidak membagikan daging hewan kurban menggunakan kantong plastik.

Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Samarinda Nomor : 600.1.17.3/21322100.12 tentang Bersih Sampah Hari Raya Iduladha 1444 H.

Namun, kata Subandi, hal tersebut masih sulit dilakukan atau dipatuhi oleh masyarakat.

“Bukan tidak setuju dan rasanya berat tidak dilakukan serta panitia juga berat melakukan. Tapi prinsipnya seminimal mungkin plastik digunakan oleh masyarakat dalam rangka untuk menciptakan lingkungan yang ramah,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button