Advertorial

Tingkatkan Kompetensi Guru-Guru SMP, Disdikbud Kukar Berikan Pembekalan PPG Dalam Jabatan

KABARBORNEO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan pembekalan kepada para pendaftar calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan kepada 108 orang guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) DI kukar. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 November 2023, di Aula Disdikbud Kukar.

Bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru-guru di Kukar agar sesuai dengan standar pendidikan guru. Para peserta pembekalan mendapatkan materi dari dua orang profesor dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul), yaitu Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd, dan Prof. Dr. Aloysius Hardoko, M.Pd.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Bahruddin, S.Pd., MM, PPG Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu untuk mempersiapkan lulusan Sarjana (S1) Kependidikan dan S1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh.

“PPG Dalam Jabatan ini juga merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik bagi guru-guru yang belum memiliki sertifikat. Sertifikat pendidik ini penting karena berpengaruh terhadap kesejahteraan dan karir guru,” kata Bahruddin yang juga Sub Koordinator Guru dan Tenaga Kependidikan SMP.

BACA JUGA :  Dapat Keuntungan Dari Perusahaan Tambang, DPRD Kaltim Apresiasi Kebijakan Pemprov Kaltim

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah berpartisipasi dalam pembekalan ini. Ia berharap para guru dapat mengikuti PPG Dalam Jabatan dengan serius dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Pendidikan adalah prioritas utama bagi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kukar, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Kami juga berterima kasih kepada Unmul yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik,” ucap Thauhid.

Ia juga menyampaikan pesan dari Bupati Kukar yang mengharapkan para guru dapat terus menambah semangat dan ilmunya untuk mendidik anak-anak sehingga menjadi generasi emas bagi Kukar.

“Anak-anak adalah aset dan harapan kita untuk masa depan. Semoga para guru dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi mereka. Saya yakin dengan dedikasi dan profesionalisme para guru, kita dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing di Kukar,” tutup Thauhid.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button