Advertorial

SDN 028 Tenggarong Targetkan Semua Kelas Gunakan Kurikulum Merdeka Tahun 2024

KABARBORNEO.ID – SDN 028 Tenggarong, sedang berupaya untuk mengubah kurikulum yang digunakan di semua kelas. Sekolah ini berharap bisa menerapkan Kurikulum Merdeka, kurikulum baru yang dicanangkan oleh pemerintah, di seluruh kelas pada tahun 2024.

Wakil Kepala SDN 028 Tenggarong Risdian Noor mengatakan bahwa sekolah ini sudah mulai menggunakan Kurikulum Merdeka di kelas I dan IV sejak tahun 2023. Pada tahun ini, kelas II dan V juga sudah beralih ke kurikulum baru tersebut. Sementara itu, kelas III dan VI masih mengikuti Kurikulum 2013 dan ditargetkan bisa mengikuti Kurikulum Merdeka tahun depan.

“Kita yang kelas I sampai kelas V sudah Kurikulum Merdeka. Kalau kelas III dan VI masih K13. Kita bertahap terapkan Kurikulum Merdeka ini,” kata Risdian, Jumat (24/11/2013).

BACA JUGA :  Gelar Literasi Media, KPID Kaltim Ajak Mahasiswa Ambil Peran

Risdian juga menyampaikan bahwa SDN 028 Tenggarong sudah mengajarkan bahasa Kutai, bahasa daerah setempat, kepada siswa dari kelas I sampai VI. Pengajaran bahasa Kutai ini dilakukan sebelum adanya Peraturan Bupati yang mewajibkan pengajaran bahasa daerah di sekolah.

“Walaupun secara garis besar bukunya belum ada, tapi kita sudah belajar mandiri dan mencari referensi setiap hari,” tuturnya.

Namun, SDN 028 Tenggarong juga mengalami masalah dalam hal fasilitas ruang belajar. Dengan jumlah siswa sebanyak 500 orang yang tersebar dalam 18 kelas, sekolah ini tidak memiliki lahan yang memadai untuk menambah ruang kelas. Akibatnya, siswa kelas II dan III harus masuk pada siang hari.

“Kami kekurangan ruangan. Sudah enggak cukup lagi lahannya sudah sempit,” pungkasnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button