Advertorial

Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Mobil Dinas Wagub Kaltim Ikut Uji Emisi Kendaraan

KABARBORNEO.ID – Menurut Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, ada banyak yang perlu diperbaiki terkait mengelola lingkungan hidup yang baik. Salah satunya, memastikan gas buang kendaraan bermotor berada di ambang batas.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Uji Emisi Gratis, yang berlangsung di Halaman Parkir GOR Segiri Samarinda, Selasa, 13 Juni 2023. Uji Emisi Gratis itu diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup

“Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dengan tema Solusi Untuk Polusi Plastik, tetapi kita tidak harus terpaku pada tema tersebut, karena banyak hal yang harus kita perbaiki dalam hal mengelola lingkungan hidup yang baik. Salah satunya adalah memastikan bahwa gas buang kendaraan kita itu pada ambang batas. Oleh karena itu, semua kendaraan di Kalimantan Timur semuanya harus diuji emisi, minimal setahun sekali,” ucap Hadi Mulyadi, seperti dikutip dari laman www.kaltimprov.go.id.

Ia menerangkan, giat tersebut bertujuan mengendalikan pencemaran udara dari sektor transportasi yang timbul dari pembakaran kendaraan bermotor, khususnya unit kendaraan roda empat.

Pembukaan acara secara simbolis ditandai dengan dan pengujian emisi kendaraan dinas milik wakil gubernur Kaltim.

Hadi meminta kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup agar dalam pelaksanaan uji emisi gratis seperti ini dapat bekerja sama dengan Bapenda dan Samsat, khususnya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

“Jadi jika hasil uji emisi di luar ambang batas, maka STNK-nya apakah akan ditunda perpanjangan pajaknya atau didenda. Setidak-tidaknya untuk kendaraan dinas yang operasionalnya cukup tinggi, juga angkutan kota yang mobilitasnya tinggi, harus diuji emisi dan dicarikan solusinya untuk mengurangi pencemaran udara di Kaltim,” harapnya.

BACA JUGA :  Ahmad Muzzakir Dilantik sebagai Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Baru, Fokus pada Optimalisasi Lahan dan Inovasi

“Semoga dengan uji emisi ini menjadi kesadaran bersama bagi masyarakat Samarinda dan Kaltim. Untuk melestarikan lingkungan hidup. Kesadaran lingkungan dimulai dari membuang dan memilah sampah pada tempatnya, menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menanam pohon, bercocok tanam dan lainnya. Inilah konsep pembangunan berkelanjutan untuk keberlangsungan generasi penerus kita,” tambah Hadi, mengakhiri pidato sambutannya.

Kepala DLH Kaltim EA Rafiddin Rizal mengungkapkan kegiatan uji emisi gratis ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan implementasi Pasal 206 PP Nomor 22/2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Kaltim bekerja sama dengan DLH Kota Samarinda, Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Satlantas Polresta Samarinda, ATPM Toyota, Daihatsu, Mitsubishi dan PT Kaltim Daya Mandiri.

“Uji emisi gratis ini merupakan upaya kita untuk pengendalian kualitas udara di perkotaan. Target kita sejak pukul 07.30 pagi hingga 13.00 Wita hari ini adalah 650 kendaraan dinas dan pribadi di wilayah Kota Samarinda. Tahun depan kita akan laksanakan uji emisi gratis ini di kabupaten/kota lainnya di Kaltim,” ungkap Rafiddin Rizal. (ADV/DISKOMINFO KALTIM) 

Related Articles

Back to top button