Advertorial

Para Guru SDN 005 Tenggarong Gunakan Metode Unit Untuk Mengajar Anak Sesuai Minat dan Bakatnya

KABARBORNEO.ID – Leni Ermawati, salah satu guru di SDN 005 Tenggarong, mengatakan, guru-guru di SDN 005 Tenggarong memiliki cara yang unik dan menarik dalam mengajar anak-anak sesuai dengan minat, bakat, dan karakter mereka. Mereka berbagi pengalaman dan cerita menariknya dalam acara ulang tahun guru dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang berlangsung di sekolah tersebut, Jumat (24/11/2023).

Leni mengatakan, bahwa acara ulang tahun guru dan PGRI kali ini mengusung tema karya anak-anak untuk kurikulum merdeka P5.

“Program P5 ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan membentuk karakter anak-anak yang baik. Kami mengajak anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Kami juga mengembangkan potensi dan bakat anak-anak melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler,” jelas Leni.

Leni mengaku bahwa ia dan guru-guru lain di SDN 005 Tenggarong banyak belajar dari dua guru penggerak yang ada di sekolahnya. Guru penggerak ini adalah guru yang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengajar anak-anak dengan berbagai karakter, minat, dan bakat.

“Kami sering berdiskusi dan berbagi pengalaman positif dengan guru penggerak ini. Mereka memberi kami masukan dan saran yang berguna untuk mengajar anak-anak. Mereka juga memberi kami contoh dan ide-ide kreatif untuk membuat program-program yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak,” kata Leni.

BACA JUGA :  Pesan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Untuk Calon Haji: Luruskan Niat

Leni menuturkan bahwa sekolahnya sudah beralih dari kurikulum KTSP ke kurikulum merdeka. Ia mengatakan bahwa kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi anak-anak untuk belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Kami tidak lagi mengikat anak-anak dengan mata pelajaran yang baku. Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memilih dan menentukan sendiri apa yang ingin mereka pelajari. Kami hanya berperan sebagai fasilitator dan pendamping mereka. Dengan begitu, anak-anak jadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam belajar,” ujar Leni.

Ia berharap bahwa ulang tahun guru dan PGRI ini bisa menjadi motivasi bagi guru-guru lain untuk terus meningkatkan kualitas dan kreativitas dalam mengajar. Ia juga mengapresiasi dukungan dari pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung proses belajar mengajar di SDN 005 Tenggarong. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button