Advertorial

Momentum Hari Lahir Pancasila, Isran Ajak Birokrat Kelola Pemerintahan dengan Baik

KABARBORNEO.ID Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023.

Berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, upacara tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dan Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni.

Tak ketinggalan, peserta upacara dihadiri pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim serta Forkopimda Kaltim.

Gubernur Isran Noor mengatakan, anak bangsa di Benua Etam mesti membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua, tetapi sudah jadi penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan ujian,” kata Isran, dalam amanatnya di upacara tersebut.

Menurut orang nomor satu di Kaltim itu, hadirnya Pancasila membuat bangsa dan negara Indonesia tetap berdiri kokoh. Bahkan rongrongan ideologi lain gagal mengubah eksistensi Pancasila. Karena itu, menjadi kewajiban kita semua untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kepada jajaran birokrasi, mari kita implementasikan Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, sehingga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa, sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah ditinggalkan para pendahulu kita,” pesan Ketua Umum APPSI ini, seperti dikutip dari laman www.kaltimprov.go.id.

BACA JUGA :  Stop Lonjakan Kasus Covid- 19, Kaltim Sterilkan Kegiatan Pada Hari Sabtu dan Minggu

Seiring dengan berpindahnya ibu kota negara ke Kaltim, Isran Noor mengatakan agar warga Benua Etam harus siap menjadi fokus perhatian sebagai warga negara terdepan dalam kehidupan dan peradaban dunia.

Selain itu, lanjut dia, menyongsong pemilu serentak 2024, konstelasi politik kian menghangat sebagai imbas perbedaan pendapat dan dukungan.

“Tetapi yakinlah selama Pancasila kita pegang teguh sebagai falsafah hidup bangsa, insya Allah kita akan melewati perhelatan demokrasi bangsa ini dengan baik. Sebagaimana yang telah ditunjukan rakyat Indonesia dan Kaltim, dengan kedewasaan politik, mampu menerima kekalahan dan tidak jumawa ketika memenangkan pertarungan, baik tingkat daerah maupun nasional,” ungkap Isran.

Pada kesempatan itu, Gubernur Isran Noor secara khusus memberikan ucapan selamat kepada kontingen Kaltim yang meraih juara kedua dari 38 provinsi pada Lomba Kirab Pancasila Tingkat Nasional di Jakarta beberapa waktu lalu.

Upacara peringatan Harlah Pancasila 2023 dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” kali ini diikuti peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, ASN Badan Kesbangpol, ormas Pemuda Pancasila, Resimen Mahasiswa, kader Bela Negara, dan pelajar tingkat SMA. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button