Advertorial

Meriahkan Hardiknas, Disdikbud Kukar Gelar Lomba Gerak Jalan dan Guru Idaman

KABARBORNEO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tenggarong pada Senin (29/4/2024). Acara ini menarik perhatian ribuan masyarakat yang datang untuk menyaksikan kemeriahan Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari PendidikanNasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 5 Mei mendatang. Selain untuk memeriahkan Hardiknas, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baris-berbaris para pelajar dan guru, serta untuk mengenang kembali jasa pahlawan pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Sebanyak 216 regu dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, serta guru dan tenaga kependidikan, mengikuti Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman tahun ini. Jumlah peserta mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2023 yang hanya diikuti oleh 150 peserta.

Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perijinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menyampaikan harapannya dalam kegiatan ini.

BACA JUGA :  Laila Fatihah Soroti Permasalahan Distribusi Gas LPG 3Kg yang Sering Mengalami Lonjakan Harga

“Harapan Nasional ini, kita tetap menggunakan kurikulum merdeka agar bisa dilaksanakan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dengan tema ‘Belajar Lanjutkan’, kita ingin Merdeka Belajar sebagai salah satu kurikulum kelanjutan dari kurikulum sebelumnya tetap harus dilaksanakan sampai dengan saat ini,” ujar Joko Sampurno.

Lebih lanjut, Joko Sampurno juga menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Kukar Idaman untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berakal mulia, unggul, dan berbudaya.

“Saya kira itu semua salah satunya bisa dilakukan atau dilaksanakan dengan lomba-lomba dalam memperingati hari pendidikan nasional dan lomba-lomba lain yang bisa meningkatkan dan mewujudkan sumber daya manusia Kabupaten Kutai Kartanegara yang berakhlak mulia, unggul, dan kebudayaan,” imbuhnya.

Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman Kukar ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan pendidikan di daerahnya. Dengan kegiatan ini, diharapkan para pelajar dan guru dapat lebih termotivasi untuk belajar dan mengajar dengan semangat baru. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button