Advertorial

Melihat Konflik Israel-Palestina, DPRD Kaltim : Cerdas dan Waspada Terhadap Oknum Yang Mengganggu Kedaulatan NKRI

KABARBORNEO.ID – Konflik internasional yang terjadi antara Israel dan Palestina, dijadikan alasan utama Anggota DPRD Kalimantan Timur Sapto Setyo Pramono menegaskan pentingnya wawasan kebangsaan bagi masyarakat Indonesia.

Disampaikan langsung oleh Sapto saat menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan kepada warga di Jalan Perjuangan, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Rabu (8/11/2023).

“Kita harus bersimpati dengan saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami penindasan dan kekerasan dari Israel. Kita juga harus mendukung resolusi PBB menuntut penghentian perang,” kata Sapto

Sapto mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mengingat keadaan di negeri sendiri yang juga membutuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita ini bangsa yang besar dan kaya, tapi juga rentan terpecah belah oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI. Kita harus cerdas dan waspada terhadap paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Sapto mengatakan agar generasi muda dapat memahami dan mengamalkan wawasan kebangsaan, kurikulum pendidikan harus memiliki nilai-nilai Pancasila didalamnya.

BACA JUGA :  Isran Noor Berharap Tenaga Kesehatan di Kaltim Bisa Tingkatkan Kualitas

“Anak-anak kita harus tahu bahwa NKRI ini dibangun oleh berbagai suku, agama, dan golongan yang berjuang bersama-sama melawan penjajah. Kita harus menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita, karena itu adalah kekayaan bangsa kita,”¬† ucap Sapto.

Demi menjaga dan mempertahankan NKRI, dirinya berharap sosialisasi wawasan kebangsaan ini dapat memberikan pemahaman serta motivasi kepada masyarakat.

“Kita harus belajar dari Palestina, yang sampai sekarang masih berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dan kedamaian. Kita harus bersyukur bahwa Indonesia sudah merdeka dan damai, tapi kita juga harus berjuang untuk mempertahankannya,” ajak Sapto.

Sapto juga mengecam penyerangan yang dilakukan Israel terhadap tanah Gaza, dirinya menyatakan dukungan terhadap rakyat Palestina serta sangat menyayangkan tragedi kemanusiaan yang terjadi disana.

“Saya prihatin dan turut berduka cita atas apa yang terjadi di tanah Palestina, semoga¬†konflik ini segera berakhir,” ucapnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button