Advertorial

Marak Kasus Bullying, Ali Hamidi : Tanggung Jawab Semua Pihak

KABARBORNEO.ID – Kasus bullying atau perundungan yang saat ini sedang marak terjadi mendapat tanggapan serius dari Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim Ali Hamdi.

Ali Hamdi mengatakan, bullying harus segera dicegah dengan melakukan kerjasama dengan semua pihak, dikarenakan maraknya kasus serupa yang terjadi dilingkungan pendidikan.

Ia juga menyebutkan, bullying dapat berdampak serius pada pelaku serta korbannya. Bagi pelaku bisa mengakibatkan gangguan mental, merusak karakter dan kecerdasan. Beda hal bagi korban, tak sedikit yang berujung pada kematian akibat perundungan tersebut.

“Lembaga pendidikan harus menjadi lingkungan yang bebas dari perilaku ini, karena bullying bukan hanya tanggung jawab guru saja melainkan tanggung jawab bersama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA :  Terkait Kinerja OPD, Komisi III DPRD Kaltim Terus Lakukan Pengawasan dan Evaluasi

Pendidikan karakter yang dimulai dari lingkungan rumah merupakan upaya yang tepat dalam mencegah perundungan.

Orang tua dinilai memiliki peran penting didalamnya agar menjadi teladan bagi anak. Tidak terkecuali dengan guru dilingkungan sekolah, harus mampu menjadi orang tua kedua dalam membimbing anak.

Perilaku perundungan ini akan menjadi kepribadian hingga dewasa dan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar apabila pencegahan tidak dilakukan sedari awal.

“Dengan perbaikan akhlak siswa dan kesadaran kolektif, diharapkan kasus bullying dapat diminimalisir dan akhirnya dihapuskan dari lingkungan pendidikan,” tutupnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button