Advertorial

Laila Fatihah Soroti Kemajuan Pembangunan di Samarinda Harus Berikan Manfaat Bagi Masyarakat

KABARBORNEO.ID – Proyek tata kota Kota Samarinda mendapat pujian karena kemajuannya, namun para kritikus berpendapat bahwa masih banyak warga yang belum mendapatkan manfaat penuh dari perbaikan ini.

Seperti yang diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah yang mengomentari mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Samarinda Tahun Anggaran (TA) 2023, di Gedung DPRD, Rabu (24/4/2024).

“Jadi yang menjadi catatan kita itu adalah apakah ada dampaknya pembangunan infrastruktur skala besar dengan pemenuhan kebutuhan dasar warga Samarinda,” ujar Laila.

Menurut Laila setelah melihat LKPj TA 2023 Pemkot Samarinda perlu lebih berfokus pada isu lingkungan hidup dan kebutuhan dasar seperti air bersih, kondisi jalan, dan fasilitas pendidikan, serta menekankan pentingnya memprioritaskan program yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA :  Dampak Positif Penghapusan Pajak Progresif Bagi Masyarakat

“Dari evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada warga,” tuturnya.

Hal baik dari evaluasi tersebut adalah, Samarinda mendapat peringkat ke-8 dalam penyelenggaraan pemerintah daerah terbaik dari hasil evaluasi terhadap 93 kota se-Indonesia.

“Prestasi ini menunjukkan adanya kemajuan dalam tata kelola pemerintah namun tetap memunculkan pertanyaan apakah semua warga merasakan dampak positifnya?,” tanyanya.

Laila berpendapat bahwa pemkot Samarinda harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dasar seperti air bersih, jalan, dan sekolah sebelum fokus pada mega proyek yang meningkatkan kualitas hidup fisik dan individu kota.

Ia percaya bahwa menyeimbangkan pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat memperoleh manfaat penuh dari hasil-hasil yang dicapai dari daerahnya sendiri. (Hms/Adv)

Related Articles

Back to top button