Advertorial

Kabid SD Disdik Kukar Meminta Para Guru Untuk Mengubag Mindset Dalam Proses Belajar Mengajar

KABARBORNEO.ID – Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ahmad Nurkhalish, menginginkan agar guru tidak lagi menganggap anak sebagai objek yang harus ditundukkan, tapi sebagai mitra belajar yang harus dihormati. Ia mengajak guru untuk mengubah mindset dalam proses belajar mengajar.

Nurkhalish menjelaskan, dengan menganggap anak sebagai mitra belajar, guru dapat lebih memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan anak dalam belajar. Guru juga dapat lebih menghargai dan mengembangkan bakat dan potensi yang anak miliki.

“Jangan pukul rata semua anak. Lihatlah di mana kelebihan dan kekurangan mereka, dan bantu mereka untuk berkembang,” kata Nurkhalish, Jumat (24/11/2023).

Ia menyesalkan, dulu anak yang berprestasi di bidang akademik dianggap pintar, sedangkan anak yang berbakat di bidang lain tidak dianggap. Padahal, setiap anak memiliki hak yang sama untuk dihargai dan dikembangkan sesuai dengan bakat dan potensinya.

BACA JUGA :  Sofyan Noor Sambut Rombongan BK DPRD Kota Batu Malang

“Anak yang olahraganya hebat, pandai menganyam dan yang mahir mengaji, mereka juga punya bakat yang harus dihargai,” ucapnya.

Ia mengharapkan, guru dapat membimbing dan mengarahkan anak ke jalan yang benar sesuai dengan bakat dan potensinya. Ia juga mengimbau, agar guru memberikan pola pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan, sehingga anak dapat menikmati belajar dan lebih mudah menguasai materi.

“Kita juga berharap anak-anak bisa belajar sambil bermain. Ada pola baru untuk mereka agar lebih semangat,” pungkasnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button