Advertorial

Jelang Pemindahan IKN, Hasanuddin Masud Ingatkan Perguruan Tinggi Swasta di Kaltim untuk Tingkatkan Kualitas

KABARBORNEO.ID – Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Masud, berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam helatan acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Wilayah Kaltim di Hotel Platinum Balikpapan, Rabu (1/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Hamas sapaan Hasanuddin Masud memberi atensi khusus terhadap perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan kualitasnya. Khusunya jelang pembangunan dan pemindahan Ibukota Negara ke Benua Etam.

Untuk diketahui, tema yang menjadi pokok pembahasan dalam FGD tersebut adalah peran sentral badan penyelenggara pendidikan tinggi swasta di wilayah Kalimantan Timur dalam membangun putra putri daerah yang teknokrat untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Perguruan tinggi swasta bisa meningkatkan tenaga kerja, yaitu harus mencapai 40 persen pemegang gelar doktor,” ujar Hamas.

Menurut Hamas, peningkatan kualitas sangat penting supaya perguruan tinggi swasta di Kaltim banyak yang memiliki akreditasi A (unggul) sehingga mampu bersaing dalam menyambut IKN. Dirinya menilai perguruan tinggi swasta di Kaltim mayoritas akreditasinya baru C (cukup baik) dan B (baik).

BACA JUGA :  APBD P di Ketok,DPRD Kaltim Minta Pemprov Perhatikan Kualitas Pendidikan di Kukar

“Begitu masuk ke IKN pasti diminta unggul. Begitu minta unggul, kita tidak siap itu kan sangat disayangkan,” kata Hamas saat diwawancarai para wartawan.

Selain itu, Hamas pun juga memaparkan bahwa kesiapan perguruan tinggi dalam menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara akan berkaitan dengan infrastruktur, suprastruktur, dan alokasi anggaran.

“Oleh sebab itu, kami berharap adanya sinergi baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dapat mendukung perguruan tinggi swasta untuk mampu berkompetisi di IKN, baik saat ini maupun terkait penyiapan SDM di masa mendatang,” pungkasnya. (ATW/ADV/DPRDKALTIM)

Caption : Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Masud. (Istimewa)

Related Articles

Back to top button