Advertorial

Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kaltim Upayakan Antisipasi Bencana Semakin Sigap

KABARBORNEO.ID – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar apel dilingkungan Kantor BPBD Kaltim, pada Rabu (26/4/2023), sebagai upaya koordinasi untuk penanggulangan bencana di wilayah Kaltim.

Apel dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD Kaltim, Agus Tianur yang berharap jajaran BPBD Provinsi, Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim dapat terus berkoordinasi dengan instansi, institunsi, lembaga atau organisasi agar semakin sigap dalam mengantisipasi bencana.

“Saya berkeyakinan dengan upaya yang kita lakukan bersama-sama, berkolaborasi, bersinergi dan selalu berkoordinasi untuk mengantisipasi bencana (pra bencana, saat kejadian dan pasca bencana) hasilnya akan memuaskan,” jelas Agus Tianur dalam sambutannya.

Selanjutnya, Agus Tianur sudah melakukan perkembangan melalui kegiatan kegiatan berbasis komunitas, seperti kampung siaga bencana, masyarakat peduli api, wartawan peduli bencana, balakarcana, dan saat ini yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Kaltim yaitu melalui Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana (DESTANA) yang hingga saat ini telah terbentuk 42 DESTANA yang tersebar di 9 Kab/Kota di Kaltim.

BACA JUGA :  PJ Gubernur Kaltim Dukung Penuh Gaung Potensi IKN Sesegera Mungkin Melalui Media

Usai melakukan apel Hari Kesiapsiagaan Bencana, kepala Pelaksana BPBD Kaltim, memberikan cindera mata kepada relawan Samarinda dan TIM TRC BPBD Kaltim melakukan simulasi Penanganan bencana tanah longsor dan Penanganan Medis. Hal ini dilakukan bertujuan untuk edukasi tanggap darurat.

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris BPBD Kaltim, Yasir, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Trena Rasono, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi, Andil Wahyudi, Pejabat Fungsional, Pegawai ASN, Pegawai Non-ASN dan Relawan Samarinda. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button