Advertorial

Guna Tingkatkan Literasi, Disdikbud Kukar Gelar Bimtek Perpustakaan

KABABORNEO.ID – Sebuah langkah signifikan telah diambil oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam upaya peningkatan literasi di kalangan pendidikan dasar. Selasa, 30 April 2024, Disdikbud Kukar mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petugas perpustakaan sekolah dasar yang berlangsung di Hotel Grand Fatma, Tenggarong.

Acara ini merupakan bagian dari strategi Disdikbud untuk mengembangkan kompetensi para petugas perpustakaan, khususnya bagi mereka yang belum memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang perpustakaan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah, yang merupakan salah satu unit kerja penting dalam sistem pendidikan.

Kepala Bidang Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perizinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menegaskan bahwa perpustakaan sekolah memiliki peran krusial sebagai pusat informasi dan sumber belajar.

“Perpustakaan harus menjadi tempat yang menyenangkan dan memperkaya bagi siswa, serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya membaca,” ucap Joko Sampurno.

BACA JUGA :  Disdikbud Kukar dan Bunda PAUD Ingin Siapkan Generasi Muda Berkualitas

Bimtek ini diikuti oleh 54 peserta dari 18 kecamatan di Kukar. Para peserta mendapatkan pelatihan dari narasumber yang kompeten di bidangnya, dengan materi yang meliputi pengelolaan koleksi, katalogisasi, hingga pemanfaatan teknologi informasi dalam perpustakaan.

Joko Sampurno juga menyoroti pentingnya perpustakaan dalam menunjang penilaian literasi nasional.

“Perpustakaan yang dikelola dengan baik akan berkontribusi pada peningkatan nilai literasi dan membantu siswa dalam asesmen nasional,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi visi misi ‘Kukar Idaman’, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

“Kami berharap, melalui Bimtek ini, perpustakaan sekolah dapat menjadi lebih ideal dan sesuai dengan peraturan pemerintah,” tutupnya.

Bimtek ini merupakan salah satu upaya Disdikbud Kukar untuk mewujudkan visi pendidikan yang lebih baik, di mana perpustakaan sekolah menjadi pusat kegiatan belajar yang efektif dan menyenangkan bagi para peserta didik. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button