Advertorial

Ely Hartati Rasyid Pupuk Rasa Nasionalisme Melalui Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

KABARBORNEO.ID – Demi memastikan rasa kebangsaan menjadi pandangan hidup dan politik bangsa upaya nyata terus dilakukan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan sebagai cara pandang hidup berbangsa dan bernegara. Hal ini perlu terus dipupuk ke berbagai lapisan masyarakat.

Cara ini penting agar berbagai potensi disintegrasi bangsa bisa dicegah. Pasalnya, berbagai dinamika bangsa saat ini, berpotensi mengikis rasa cinta tanah air dan kebangsaan. Rawan terjadi perpecahan.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid saat menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan yakni menyangkut Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sosialisasi ini digelar agar wawasan kebangsaan kita semakin kuat. Kehidupan berbangsa kita semakin rukun, bersatu dan berbudaya,” kata Andi Faisal di Desa Kahala, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Jumat (12/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Ely berpesan kepada agar masyarakat dapat sungguh-sungguh memahami dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan. Pemahaman yang baik atas pilar-pilar tersebut, menurutnya, akan mampu meningkatkan kontribusi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.

BACA JUGA :  KPID Kaltim Ajak Siswa Prakerin Berkunjung ke TVRI

Selain itu, disampaikannya, wawasan kebangsaan yang baik akan turut berdampak dalam menangkal paham-paham radikalisme dan terorisme yang merusak dan mengancam kehidupan bangsa dan negara.

“Terapkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini dalam kehidupan sehari-hari. Sekecil apapun kontribusi kita itu sangat penting bagi bangsa dan negara kita,” ucap Politisi PDI Perjuangan itu.

Untuk memberikan wawasan mendalam terhadap pilar kebangsaan, Ely menghadirkan dua narasumber. Pertama dari kalangan akademisi Johansyah, SE. MM. Kedua, Bripka (purn) Suyanto.

Kedua narasumber memberikan ilmu mendalam dan rinci bagaimana paham kebangsaan dan bernegara yang baik akan memperkokoh nasionalisme warga.

“Upaya ini akan harus terus dilakukan, supaya masyarakat di Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser semakin cinta Tanah Air,” tutupnya. (advertorial)

Related Articles

Back to top button