Advertorial

Ciptakan Metode Belajar Menyenangkan, Kunci Sukses Guru-Guru di SDN 005 Tenggarong Agar Tidak Bosan dan Monoton Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

KABARBORNEO.ID – Para guru-guru di SDN 005 Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), ingin membuat anak-anak senang dan tertarik dalam mengajar tidak dengan cara yang monoton dan membosankan. Metode inilah yang dilakukan oleh para guru-guru di SDN 005 Tenggarong dalam mengajar anak-anak yang baru masuk sekolah dasar sebagai sebuah kesempatan untuk berkreasi.

Untuk itu, mereka menciptakan metode belajar yang menyenangkan. Mereka menggunakan berbagai macam permainan, aktivitas, dan media pembelajaran yang menarik perhatian anak-anak. Mereka juga menyesuaikan metode belajar dengan karakter anak-anak di kelasnya.

Salah satu guru yang kreatif dalam mengajar adalah Leni Ermawati. Ia adalah guru kelas dua di SDN 005 Tenggarong. Ia mengatakan bahwa ia harus beradaptasi dengan karakter anak-anak di kelasnya. Ada yang bisa mendengarkan penjelasan guru, ada yang lebih suka belajar dengan praktek, ada yang lebih mudah belajar dengan bermain.

“Kita harus menghargai karakter anak-anak kita. Kita tidak bisa memaksakan mereka untuk belajar dengan cara yang sama. Kita harus mencari cara yang paling sesuai untuk mereka. Kita harus membuat mereka terlibat dan termotivasi dalam belajar. Kita harus memberikan mereka kesempatan untuk berpikir dan bereksperimen,” kata Leni, Jumat (24/11/2023).

BACA JUGA :  Jahidin : Aturan Hukum Sudah Sangat Jelas, ASN Jangan Terlibat

Leni menambahkan bahwa untuk kelas satu, fokusnya adalah pengenalan huruf. Ia tidak memaksakan anak-anak untuk bisa membaca dan menulis dengan cepat. Ia lebih mengutamakan proses belajar yang menyenangkan. Ia menggunakan berbagai macam media, seperti kartu huruf, balok huruf, puzzle huruf, dan lain-lain.

“Kita harus mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan. Kita tidak boleh langsung menyuruh mereka membaca atau menulis. Kita harus membuat mereka familiar dengan huruf. Kita harus membuat mereka menyukai huruf. Kita harus membuat mereka penasaran dengan huruf,” ujarnya.

Metode belajar yang digunakan oleh Leni dan guru-guru lainnya di SDN 005 Tenggarong ternyata berhasil. Anak-anak menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Mereka juga lebih mudah mengingat materi yang disampaikan oleh guru.

“Alhamdulillah, anak-anak senang dengan metode belajar yang kita gunakan. Mereka lebih aktif dan kreatif. Mereka juga lebih mudah mengerti dan menghafal. Kita harapkan dengan metode belajar yang menyenangkan ini, anak-anak bisa lebih berkembang dan berprestasi,” tuturnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button