Advertorial

Beragam Kesenian di Kaltim Puji Setyowati : Komisi IV Akan Mendukung, Mendampingi, serta Mengupayakan

KABARBORNEO.ID – Upaya pelestarian dan pengembangan kesenian di Benua Etam mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati.

Wanita berjilbab ini mengatakan, pentingnya memberikan ruang serta dukungan melestarikan kesenian, melihat beragamnya jenis kesenian yang ada di Kaltim.

“Kalimantan Timur sebagai miniatur Indonesia dengan keberagaman kesenian yang dimilikinya,” tutur Puji, Sabtu (11/11/2023).

“Ada tiga jenis kesenian yang tumbuh dari masyarakat setempat, yaitu kesenian Tari Dayak, Tari Pesisir, dan Tari Keraton,” sebutnya.

Dalam mengupayakan pelestarian kesenian itu, saling koordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pun sudah dilakukan. Bahkan wadah berkegiatan juga disediakan melalui dewan kesenian.

“Kesenian di Kalimantan Timur masih perlu lebih banyak dukungan, supaya dapat terus berkembang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Muhammad Samsun Minta Perusahaan Tambang di Kukar Perhatikan Nasib Rakyat

Perlunya kerja sama yang kuat antara dinas dan instansi terkait, dan juga sosialisasi yang baik kepada masyarakat agar potensi ini dapat tercapai.

“Komisi IV akan mendukung, mendampingi, dan mengupayakan serta mensosialisasikan upaya pelestarian dan pengembangan kesenian di Kalimantan Timur,” jelas Puji.

“Ini bentuk upaya dalam mengintegrasikan kegiatan kesenian ke dalam ekstrakurikuler sekolah sebagai langkah untuk melatih generasi muda dalam kesenian dan budaya lokal,” tambahnya.

Serta untuk memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), perlunya komitmen dan kerja sama yang kuat, upaya pelestarian dan pengembangan kesenian di Kalimantan Timur.

“Juga mengangkat citra budaya daerah tersebut di mata wisatawan dan masyarakat lokal,” tutup Puji. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button