Advertorial

Anggota Komisi III DPRD Samarinda Dorong Inovasi Pengelolaan Sampah

KABARBORNEO.ID – Persoalan sampah di Kota Samarinda selalu menjadi pembahasan yang menarik. Seperti yang disampaikan oleh Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Anhar.

Anham melihat meningkatnya jumlah sampah tidak luput dari jumlah penduduk yang terus menerus meningkat pula, serta adanya pergeseran aktivitas warga sendiri.

“Sekarang jumlah penduduk kita berapa? Menurut saya saat ini kan orang-orang ada pergeseran pola hidup, yang tadinya mungkin aktivitasnya banyak di rumah bergeser menjadi banyak di mall-mall,” ujar Anhar.

Untuk itu, menurut Anhar perlu adanya terobosan ataupun inovasi dalam permasalahan penanganan sampah. Salah satunya adalah dengan melakukan pendataan asal dari sampah.

BACA JUGA :  Laila Fatihah Soroti Kemajuan Pembangunan di Samarinda Harus Berikan Manfaat Bagi Masyarakat

“Produksi sampah ini dari mana, dari mall berapa persen, warung berapa persen, kan klasifikasi pemisahan sampah itu kan ada. Kemudian dari rumah tangga juga berapa gitu,” jelasnya.

Ia menekankan perubahan pola pikir dan perilaku yang tepat untuk mengelola sampah. Memang tidak sepenuhnya dapat mencegah adanya pertambahan sampah, namun untuk mengelolanya pun diyakini itu lebih bisa terwujud.

“Jadi perilaku kita dan mindset kan bagaimana cara kita berpikir untuk mengelola sampah ini dengan baik,” tutupnya.(Adv)

Related Articles

Back to top button