Advertorial

Banyak Desa Tanpa Aliran Listrik, DPRD Kaltim Beri Solusi Bangun PLTS

KABARBORNEO.ID – Kaltim memiliki sumber energi yang lebih dari kata cukup, sangat tidak wajar apabila masih ada daerah di Kaltim yang tidak mendapatkan listrik. Hal itu dikemukakan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

“Yang pasti, Kaltim ini over energy. Jadi tidak pantas lagi kalau ada daerah yang masih belum mendapatkan akses listrik,  Mestinya ya sudah mendaptakan semua,” tegasnya, belum lama ini.

Serta dikatakannya pula untuk tingkat elektrifikasi di Kaltim harusnya sudah di atas 90 persen.

“Sebagai informasi, elektrifikasi adalah proses powering menggunakan listrik. Biasanya berhubungan dengan pengisian daya yang berasal dari sumber luar,” jelasnya.

Samsun juga beranggapan, apabila masih ada daerah yang belum teraliri listrik, itu dikarenakan daerah tersebut memang terlalu jauh dari saluran listrik yang ada.

BACA JUGA :  Begini Tanggapan Ketua Komisi II DPRD Kaltim Soal Wacana Hotel Atlet Jadi Gedung Perpusda Kaltim yang Baru

“Mungkin terdapat biaya yang lebih besar untuk dialirkan ke suatu desa yang letaknya memang jauh. Tapi hal tersebut tak bisa dijadikan alasan,” ujar Samsun.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal dapat dijadikan solusi bagi desa-desa yang memang sulit dijangkau oleh aliran listrik. Dan untuk membangun PLTS itu sendiri perlunya dukungan dari Pemprov Kaltim.

“Mungkin terdapat biaya yang lebih besar untuk dialirkan ke suatu desa yang letaknya memang jauh. Tapi hal tersebut tak bisa dijadikan alasan,” kata Samsun. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button