oleh

Pemprov Kaltim Tunggu Keputusan Mendagri, Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Di Kaltim Paling Cepat Bulan Ini

KABARBORNEO.ID– SAMARINDA. Gubernur Kaltim telah menerima nama-nama bupati dan wali kota yang akan dilantik, yang sudah diusulkan DPRD masing-masing daerah.

Nama-nama bupati/walikota sudah diserahkan kemendagri jika tidak ada kendala, pelantikan bupati/walikota akan dilaksakan Bulan ini di minggu ketiga.

“Semua usulan dari DPRD kabupaten/kota sudah masuk semua ke saya. Sudah masuk ke Mendagri juga,” kata Isran Noor.

Menurut Isran, terkait pelantikan bupati/walikota kemungkinan menunggu hasil gugatan tiga daerah yang berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadwal pelantikannya belum. Masih menunggu keputusan semua daerah, termasuk hasil di MK baru nanti pelantikannya diumumkan oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

BACA JUGA :  Menuju Pilkada 2024, Kemendagri Tegaskan Wewenang Pejabat Seperti Kepala Daerah

Melihat proses tiga daerah yang belum selesai di MK yaitu Balikpapan, Kukar dan Kutim, kemungkinan, pelantikan digelar melebihi batas akhir kepala daerah sebelumnya.

Saat ini, Gubernur Kaltim, tidak mempersoalkan pelantikan bupati dan wali kota jika melebihi waktu masa tugas kepala daerah terdahulu. Pemprov Kaltim langsung akan memasang Pjs untuk menjalankan pemerintahan, hingga kepala daerah definitif telah dilantik nantinya.

“Bila pelantikannya lewat sehari gak masalah, lewat lima bulan juga gak masalah, lewat 10 bulan juga gak masalah, selama ada yang bertugas,” pungkasnya. (Tim Redaksi KabarBorneo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait