Advertorial

Tingkatkan Portal Layanan Publik di Kaltim dengan Sekali Log-in

KABARBORNEO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menggelar pertemuan di Samarinda.

Agendanya adalah Sosialisasi Pembangunan Portal Layanan Publik & Inventarisasi E-service Lingkup Pemerintah. Kegiatan terpusat di ruang WIEK Diskominfo Kaltim secara daring dan luring. Pesertanya adalah Diskominfo kabupaten/kota se-Kaltim, Selasa, 6 Juni 2023.

Kegiatan tersebut guna menggambarkan penerapan e-services di Indonesia dan menentukan prioritas integrasi dengan portal pelayanan publik.

Portal yang mengintegrasikan berbagai jenis layanan publik ini ke depan dapat diakses masyarakat hanya dengan sekali log in, masyarakat tak perlu membuat banyak akun untuk berbagai layanan.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kaltim, Normalina menyebutkan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan Kemenpan-RB dalam inventarisasi e- services.

BACA JUGA :  Dewan Harap Investor di Kaltim Beri Dampak Ekonomi Besar

Hal ini dirasa perlu guna mendapatkan gambaran persebaran penerapan e-services sebagai dasar pelayanan publik berbasis elektronik di lingkup pemerintah daerah.

Menurutnya, kegiatan inventarisasi yang dilakukan Pemprov Kaltim melalui Diskominfo Kaltim sedang dalam proses. Sudah pernah bersurat kepada seluruh Perangkat Daerah namun sampai saat ini data yang terinventarisir jumlahnya masih belum terbarukan. Total sementara ada 136 aplikasi.

“Kami akan meminta Perangkat Daerah (PD) lain untuk mendata aplikasi yang aktif dan yang sudah tidak aktif. Insya Allah dalam waktu dekat akan dikumpulkan operator setiap PD untuk menyampaikan data dan permasalahan dari setiap PD tersebut,” katanya. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button