Advertorial

Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Hadi Mulyadi Berpesan Merdeka Belajar Terus Berlanjut

KABARBORNEO.ID – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Mulyadi memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, pada Selasa (2/5/2023).

Apel pagi diikuti insan pendidikan, OPD, Forkopimda hingga instansi vertikal. Dalam sambutannya, Wagub Hadi Mulyadi meminta program pendidikan Merdeka Belajar terus berjalan.

Program merdeka belajar ini dibangun pada saat kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Mendikbud Ristek Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

“Secara pribadi dan Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mendukung, diharapkan program merdeka belajar yang digagas Mendikbud Ristek terus dilanjutkan (berjalan),” ungkap Hadi Mulyadi.

Merdeka Belajar menurut Wagub, sebagai inovasi program agar semua anak didik hingga tenaga kependidikan berkreasi dan kreatif.

Seluruh anak didik, guru, kepala sekolah dan masyarakat pendidikan dapat menggunakan semua instrumen. Maka peserta didik maupun tenaga pendidik dapat lebih mudah serta memahami apa yang harus dikerjakan.

BACA JUGA :  Disdikbud Kukar Berikan Pembinaan Kepada 115 Kepala Sekolah dan Guru SD di Kukar

“Jadi, merdeka belajar, semua bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Untuk itu, simulasi Merdeka Belajar ini harus dipahamkan kepada seluruh anak didik, guru hingga orang tua,” terangnya.

Kurikulum Merdeka Belajar telah membawa peserta didik semakin dekat dengan cita-cita luhur Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Agar masyarakat, juga memahami fungsi dan penting merdeka belajar serta lebih bersemangat,” tandas Hadi Mulyadi. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button