Advertorial

Peningkatan Pemudik Diprediksi Terjadi pada Lebaran 2023, Begini Pesan Wagub

KABARBORNEO.ID – Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, memprediksi bahwa pergerakan pemudik akan meningkat pada Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 H. Seiring dengan hal ini, ia mengimbau masyarakat untuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan di lingkungan rumah sebelum mudik.

Hadi menekankan agar pemudik memastikan kendaraannya aman dan berhati-hati di jalan. Selain itu, ia juga menyarankan untuk memperhatikan kondisi rumah dan memastikan tempat tinggal aman saat ditinggalkan. Hal-hal seperti mematikan aliran listrik yang tidak digunakan, melepas selang atau regulator kompor gas, dan hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran harus diperhatikan dengan baik.

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kran air sudah dimatikan, pintu dan jendela rumah terkunci dengan baik. Jika perlu, bisa dititipkan kepada tetangga yang tidak mudik lebaran.

Hadi juga menyebut bahwa arus mudik lebaran tahun 2023 kemungkinan akan melonjak dibandingkan tahun sebelumnya karena pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19 sejak 30 Desember 2022 lalu.

BACA JUGA :  Wagub Kaltim Minta ASN Dilingkungan Pemprov Kaltim Harus Lebih Baik Lagi

Meski kebijakan PPKM telah resmi dicabut, masyarakat tetap diimbau untuk berhati-hati dan waspada dengan penyakit menular. Pemakaian masker di tempat keramaian dan ruang tertutup tetap dilakukan, termasuk kesadaran vaksinasi harus terus digalakkan karena akan membantu meningkatkan imunitas.

“Masyarakat harus makin mandiri dalam mencegah penularan Covid-19 yang sampai saat ini penularannya masih terjadi,” kata Hadi.

Semua pihak diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk memastikan kelancaran arus mudik tahun ini. Dalam kesempatan ini, Hadi memberikan pesan khusus agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button