Advertorial

Forum Negara MIKTA Kerjasama Dengan Pemprov Kaltim

KABARBORNEO.ID – Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan untuk Membahas potensi kerjasama dengan Forum negara yang tergabung dalam MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Kamis (4/5/2023) di Kota Balikpapan.

Pemerintah Provinsi (Pempeov) Kalimantan Timur (Kaltim) yang memfasilitasi pertemuan sebagai tuan rumah menyatakan siap untuk menjalin kerjasama dengan empat negara tersebut.

Asisten I Perekonomian dan Administrasi Ujang Rachmad mengatakan, kegiatan bertujuan membahas potensi kerja sama negara middle-powers dalam mewujudkan pembangunan hijau dan berkelanjutan

Serta transformasi menuju pembangunan hijau terus didorong sebagai salah satu metode pemulihan dunia, dan negara middle-power memiliki posisi penting untuk mendorong kemitraan berbasis kesetaraan dan saling menguntungkan.

“Arah kebijakan pembangunan ekonomi Kaltim adalah peningkatan, kestabilan dan mendorong inklusifitas ekonomi, maka dari itu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak diperlukan,” ungkap Ujang Rachmad, pada Sabtu (6/5/2023).

BACA JUGA :  Nidya Listiyono Mendorong Masyarakat Untuk Rajin Berolahraga dan Terapkan PHBS

“Karena MIKTA bertujuan memperkuat antar negara anggotanya berkontribusi untuk menjawab pemanasan global,” sambungnya.

Provinsi Kaltim sendiri bagian dari Indonesia sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan seluruh negara anggota MIKTA.

Terutama di bidang Pendidikan, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perdagangan, Industri dan Pariwisata.

“Tentunya fasilitasi dari Kemenlu menjadi faktor penting hal ini dapat terwujud,” ucapnya.

Diskusi yang telah dilakukan, lanjut Ujang, merupakan langkah awal untuk mengenal dan mengetahui kondisi dan potensi yang ada di Kaltim bagi anggota MIKTA.

“Tentunya agar kedepanya terjalin kerjasama antar negara ini, dan Kaltim siap untuk itu,” terangnya. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button