Advertorial

Baharuddin Muin : RUED Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Energi

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Baharuddin Muin, menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) pada Minggu, (9/10/2022).

Sosper kali ini membahas tentang Perda Provinsi Kalimantan Timur Nomor 8 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kalimantan Timur 2019-2050.

Adapun dalam paparannya, Baharuddin Muin menyebut bahwa gas dan batubara yang berbasis fosil masih menjadi komoditas ekspor andalan untuk menopang devisa negara yang harus diketahui masyarakat.

“Pemanfaatan gas bumi domestik belum optimal, karena terbatasnya infrastruktur gas sehingga penyebaran konsumsi gas dalam negeri yang masih rendah. Akibatnya penciptaan multiplier effect bagi ekonomi domestik, terutama pengembangan industri, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan nilai tambah belum maksimal,” ungkapnya.

Pada sosper kali ini Anggota Dewan dari daerah pemilihan PPU-Paser menyampaikan, sumber energi dalam jangka panjang perlu dikelola dan diproyeksikan dengan baik sebagai upaya antisipasi sektor penggunaan antara lain Industri, transportasi, rumah tangga, komersial dan sektor lain dan non energi.

BACA JUGA :  Abdul Rohim Ingatkan Pemkot Samarinda Keuntungan Pembangunan Pasar Pagi Bisa Dirasakan Masyarakat

“Untuk itu perlu dibuat RUED yang berdimensi waktu lebih kurang 30 Tahun kedepan sampai dengan 2050 dan dievaluasi setiap 5 tahun. Daerah menyusun RUED sebagaimana diamanatkan langsung oleh UU nomor 30 tahun 2007 tentang energi,” tambah Baharuddin Muin.

Ia juga menyampaikan, dengan hadirnya perda ini dimaksudkan agar dapat mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi yang rendah emisi dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mengingat karena peranan energi sangat penting bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan nasional, sehingga pengelolaan energi harus dilaksanakan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional, optimal dan terpadu,” tutup Politisi dari Partai Gerindra itu . (Ach/ADV/DPRDKaltim)

Related Articles

Back to top button