Peristiwa

Ditinggal Berlebaran Satu Rumah di Samarinda Hangus Terbakar

KABARBORNEO.ID – Telah terjadi peristiwa kebakaran di Jalan Wolter Mongisidi Gang 4, Kelurahan Dadimulya, Kecamatan Samarinda Ulu, pada Senin (24/4/2023).

Dari keterangan yang dihimpun, sekitar pukul 20.30 WITA warga melihat asap yang mengebul dari dalam rumah di daerah tersebut. Sementara rumah tersebut kosong lantaran penghuni rumah sedang berlebaran.

Api diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu rumah warga yang ditinggal pergi pemiliknya untuk halal bihalal atau bertamu ke rumah warga lainnya.

“Pada saat hendak memadamkan api tadi rumahnya dalam keadaan terkunci. Dari keterangan warga pemiliknya pergi halal bihalal. Jadi rumah dalam keadaan kosong,” ucap Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda Makmur S, saat diwawancarai awak media di lokasi kejadian.

“Api diduga akibat arus pendek listrik atau korsleting,” sambungnya.

BACA JUGA :  Kaltim Steril Berlanjut, Sekretaris Satgas Covid-19 : Kami Berharap Warga Mendukung dan Bersabar

Menerima informasi itu, Disdamkar Kota Samarinda langsung menerjunkan Unit Tangki Firetruck dari tiga posko.

Beruntungnya, dalam peristiwa itu, pemadam berhasil memadamkan api dalam kurun waktu 30 menit sebelum menyambar rumah lainnya.

“Ada dua rumah lainnya terdampak kobaran api. Kami berhasil memadamkan sekitar 30 menit,” ungkapnya.

Meski begitu, Makmur mengungkapkan juga terdapat sejumlah kendala yang dialami petugas saat hendak melakukan pemadaman.

“Sulitnya akses masuk ke lokasi kejadian akibat banyaknya warga yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan. Selain itu juga sumber air yang sulit,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan penyebab utama peristiwa kebakaran itu, dikatakan Makmur masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

“Untuk penyebab pastinya asal mula api masih dalam penyelidikan kepolisian,” pungkasnya. (has/redaksi)

Related Articles

Back to top button