oleh

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK Minta Adanya Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Seluruh Kaltim

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA- Makmur HAPK, Ketua DPRD Kaltim, menekankan adanya pemerataan pembangunan seiring dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Diketahui Kementerian Perhubungan RI berencana akan bangun transportasi cerdas untuk menunjang IKN dan beberapa daerah penyangga lainnya.

Makmur HAPK menekankan pembangunan infrastruktur tidak hanya terfokus di daerah IKN namun untuk daerah Kaltim lainnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat.

“Jangan sampai hanya fokus pada pembangunan infrastruktur di IKN semata,” kata Makmur, dihubungi Selasa (26/5/2021).

Mantan Bupati Berau itu meminta perbaikan jalan yang menjadi kewenangan Pusat segera direalisasikan melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN).

BACA JUGA :  Terkait Perda Penyertaan Modal, Veridiana Huraq Wang : Komisi Dua Akan Surati Pimpinan

“Jalannya harapan kami diperbaiki, Kubar sudah sering kami koordinasikan ke balai dan provinsi. Jangan sampai jalan di lokasi IKN mulus, namun saat kita ke Kutai Barat jalannya memperihatinkan,” jelasnya.

Meskipun kewenangan pusat sudah diserahkan ke BBPJN namun untuk memperbaiki jalan-jalan rusak yang kemenangannya dimiliki provinsi, agar dilakukan perbaikan.

“Tahun 2020 lalu, jalan provinsi mencapai sepanjang 895 kilometer. Dari angka itu, jalan dengan kondisi baik hanya mencapai 69,7 persen,”. tuturnya.

Diketahui jalan dengan kondisi baik mencapai kurang lebih 408 kilometer, kondisi sedang 216 kilometer, kondisi rusak dan ringan mencapai 101 kilometer, dan kondisi rusak berat mencapai 196 kilometer. (KabarBorneo.id / Rasyid)

Berita Terkait