Warta

Sosbang ke-3, Ely Hartati Rasyid Titip Pesan Jaga Keutuhan NKRI

KANARBORNEO.ID – Anggota  DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ely Hartati Rasyid melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan ke-3 tahun 2023 di Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (4/3/2023).

Ely sapaan akrabnya mengatakan, sosialisasi wawasan kebangsaan merupakan salah satu tanggung jawab anggota DPRD Kaltim dalam membangun dan menciptakan landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya membela Negara sesuai isi UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3.

“Ini merupakan salah satu agenda kedewanan untuk mensosialisasikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Tentunya dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Ely.

Politis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga mengajak masyarakat, untuk terus meningkatkan nilai-nilai toleransi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Dirinya berpesan seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekaligus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya memiliki pemahaman terkait wawasan kebangsaan.

BACA JUGA :  Banyak Anak Putus Sekolah, DPRD Kaltim : Perlu Evaluasi Regulasi Yang Ada

“Kita harus siap dalam menghadapi perbedaan baik itu perbedaan suku, ras maupun agama. Untuk itu nilai toleransi antara sesama warga negara perlu lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Kegiatan yang dihadiri kalangan masyarakat umum ini juga didukung oleh narasumber Abdul Kadir Al Hasni dan Bripka (purn) H. Suyanto berlangsung interaktif.

Dalam paparannya, Abdul Kadir Al Hasni mengingatkan peserta sosialisasi untuk tidak terpecah belah dan saling membenci saat menghadapi Pemilu yang akan datang. Di mana perbedaan kerap menjadi pemicu terjadinya konflik di masyarakat.

“Kita ingat saat 2019 masyarakat terpecah bela dengan adanya pemilihan Presiden, dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat bisa mengerti apa arti dari perbedaan,” terangnya.

Sedangkan Bripka (purn) H. Suyanto mengingatkan pentingnya peran elemen masyarakat (RT/RW) dalam menjaga kehidupan bermasyarakat.

“Kita sebagai masyarakat mempunyai peran penting dalam menanamkan cinta Tanah Air kepada anak-anak kita. Sehingga tidak mudah terprovokasi oleh isu nasional,” pungkasnya. (tim redaksi)

Related Articles

Back to top button