Warta

Menuju Pesta Teater Pelajar Nasional, Teater Yupa Undang Juri Sekaliber Ruth Marini

KABARBORNEO.ID – Setelah vakum selama pandemi Covid-19, UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman kembali menggelar Apresiasi Seni dan Sastra (Apsetra) XII 2023.

Ajang Apsetra akan dihelat, mulai 6 hingga 11 Februari 2023, di Auditorium Universitas Mulawarman.

Arni, Ketua Panitia Apsetra XII, memaparkan sejumlah juri diundang dalam gelaran festival teater pelajar ini.

Yang spesial, Apsetra kali ini mendatangkan juri sekaliber aktris film terkenal Ruth Marini dan juri lokal yang namanya tidak kalah bekennya di Samarinda, Fachri Mahayupa, selaku alumnus UKM Teater Yupa Unmul dan Eka Yusriansyah, Akademisi di Universitas Mulawarman.

Ruth Marini, merupakan artis film layar lebar sekaligus seniman teater, selain menjadi juri juga akan mengisi workshop keaktoran untuk para peserta Apsetra.

“Ruth Marini, pemeran Ibu dalam film di Penyalin Cahaya, sempat menjadi juri Apsetra pada tahun 2018 lalu, kami undang kembali di Apsetra 2023,” kata Arni, Sabtu (4/2/2023).

BACA JUGA :  H. Fuad Fakhruddin Ajak Masyarakat Samarinda Ramaikan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Loa Bakung

Apsetra XII dikuti dari komunitas teater pelajar sekolah se-Indonesia.

Dari hasil kurasi yang dilakukan panitia, terpilih lima penampil teatar yang berasal dari sekolah-sekolah dari Samarinda, Bontang, dan Palu.

“Merupakan kesempatan besar untuk kembali mengundangnya dalam perhelatan tahun ini. Apsetra terus berupaya meningkatkan kualitasnya sebagai festival teater pelajar SMA/SMK-sederajat. Sebuah keyakinan bagaimana seharusnya Indonesia menghidupkan teater,” jelas Arni.

Selain festival teater dan workshop, Apsetra XII juga akan diisi dengan kegiatan panggung bebas untuk ekspresi seni dan bazar UMKM.

Sehingga Apsetra ini tidak hanya menjadi wadah kreativitas teater pelajar saja namun juga untuk kalangan mahasiswa Universitas Mulawarman khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

“Dalam kesempatan ini, Teater Yupa ingin membuktikan eksistensinya bukan hanya sebagai pelaku kesenian. Namun juga sebagai pelopor pengembangan bakat seni dalam bentuk apa pun,” ungkap Nurmila, Ketua UKM Teater Yupa Unmul. (tim redaksi)

Related Articles

Back to top button