oleh

Flobamora Kaltim Open Donasi untuk Korban Banjir Bandang NTT

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Musibah banjir bandang, longsor, dan badai siklon tropis seroja yang memporak porandakan hampir seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/4/2021) lalu, mengundang empati berbagai kalangan.

Apalagi hingga menelan hampir ratusan nyawa dan sebagian lainnya masih dalam pencarian sampai sekarang.
Rumah Flobamora Kaltim yang merupakan paguyuban warga Kaltim asal NTT pun ingin memberikan kontribusi nyata untuk meringankan beban warga yng menjadi korban di sana.

Saat ini mereka menggalang open donasi. Donasi yang dibuka untuk segenap diaspora NTT di Kaltim, para pengusaha, politikus, anggota legislatif dan eksekutid, tokoh masyarakat, dan masyarakat luas ini dalam bentuk barang dan dana.

Sesuai informasi yang diperoleh dari NTT, untuk barang yang masih menjadi kebutuhan mendesak para korban saat ini adalah sembako, obat-obatan, tenda, selimut, masker, serta pakaian bekas layak pakai. Bagi yang ingin menyumbang, bisa mengantarkannya langsung ke Posko di Jalan AW Sjahranie Gang PW II Nomor 3, Samarinda Ulu. Sedangkan bagi yang ingin menyumbang dalam bentuk dana, bisa langsung ditransfer ke nomor rekening 1272106963 Bankaltimtara atas nama Rumah Flobamora Kaltim.

“Semua dana yang masuk, akan diumumkan saat puncak penggalangan dana di Eatboss Cafe, Jalan S Parman pada Sabtu (17/4/2021) malam yang akan kita kemas dengan acara seni dan musik. Di situ nanti kita undang segenap stakeholder terkait yang berempati terhadap para korban di NTT.

Dana yang masuk nanti langsung kita transfer ke Posko Satu Hati di NTT. Sedangan untuk barang juga langsung kita kemas dan kirimkan ke NTT,” kata Ketua Umum Rumah Flobamora Kaltim, Yakobus Beribe, Jumat (9/4/2021) malam.
Dikatakannya, bantuan untuk para korban bencana terbagi dua yakni untuk tanggap darurat dan pemulihan pasca bencana. Pihaknya saat ini lebih banyak fokus untuk bantuan pemulihan pasca bencana.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pengedar Narkoba, 1,02 Kilogram Sabu Gagal Dikirim ke Kalsel

“Ini sudah merupakan bencana nasional, sehingga wajib bagi kita untuk ambil bagian dan berkontribusi meski tidak banyak. Makanya kami bentuk tim khusus untuk ini. Tapi kami yakin banyak pihak yang akan berempati dan turut mengambil bagian dalam kegiatan open donasi ini. Tidak hanya diaspora NTT, tetapi juga dari berbagai kalangan,” ungkapnya.

Bahkan terang Yakobus, saat ini juga kegiatan donasi yang sama ini sedang dilaksanakan oleh sekitar 27 sub paguyuban warga NTT di Kaltim. Juga pengurus Rumah Flobamora di kabupaten dan kota di Kaltim. Bahkan yng lebih menggembirakan, ada pula paguyuban daerah lain yang juga tengah menggalang donasi dan akan diserahkan saat acara puncak pekan depan nanti.

“Semangat kebersamaan ini yang patut kita apresiasi. Kebersamaan untuk menanggung beban saudara dan saudari kita tertimpa musibah. Mulai Senin (12/4/2021) nanti undangan ke sejumlah stakeholder dan tokoh masyarakat Kaltim untuk malam puncak open donasi ini nanti mulai dikirimkan. Semoga nanti bisa maksimal, dan sedikit meringankan beban saudara dan saudari kita yang saat ini memang benar-benar sangat membutuhkan uluran tangan dari kita semua,” pungkas Yakobus. ( Kabarborneo / Ansyahf )

Berita Terkait