oleh

Airlangga Hartarto Sebut Kartu Prakerja Kurangi Banyak Pengangguran

KABARBORNEO.ID Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menyebut Program Kartu Prakerja banyak Mengurangi Angka pengangguran.

“Alhamdulillah juga terjadi penurunan jumlah pengangguran setelah mengikuti program Kartu Prakerja. Terjadi peningkatan cukup besar di kelompok wirausaha, yang naik 13 persen setelah menerima Program Kartu Prakerja,” kata Airlangga dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Naiknya jumlah wirausahawan ini menurut Airlangga, sudah sesuai dengan sasaran yang dituju program Kartu Prakerja.

Airlangga berharap dengan semakin banyaknya wirausahawan, apalagi jika usahanya berkembang, akan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

“Dan jika ini terjadi secara masif di Indonesia, jutaan wirausahawan baru yang menyerap jutaan pekerja, maka hal inilah yang akan mengangkat produktifitas dan perekonomian bangsa kita,” ungkap Airlangga.

“Pada saat itulah nanti, kita semua penerima Kartu Prakerja, bisa mengangkat kepala dan tidak lagi menjadi Calon, namun sudah menjadi Pahlawan Kebangkitan Nasional,” ujar dia lagi.

Ia juga menyebut, peserta program Kartu Prakerja berpotensi menjadi Pahlawan Kebangkitan Nasional.

Alasannya, menurut Airlangga, di tengah kondisi sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini, Indonesia membutuhkan ujung tombak orang-orang yang mau berubah, bangkit, dan mau memberikan manfaat kepada orang lain.

“Mengapa saya menyebut para peserta Kartu Prakerja, berpotensi menjadi Pahlawan Kebangkitan Nasional? Kita butuh orang-orang yang mau berubah,” kata Airlangga.

“Mau untuk bangkit, dan mau meningkatkan skill dengan mengikuti pelatihan, mau menerima tantangan, serta mau memberikan manfaat kepada orang lain. Dan saya yakin, semua yang mengikuti Kartu Prakerja, memiliki semangat itu dalam dirinya,” ujar dia lagi.

BACA JUGA :  Siaga Merapi Diperpanjang Bupati Sleman

Ketua Komite Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan kunci kesuksesan program bukan hanya pada penyelenggaraan dan pemerintah.

Tapi, kata Airlangga, kunci kesuksesan program ini ada pada penerima Kartu Prakerja.

“Program ini secara esensi tidak bisa dinilai dari jumlah penerima, atau berapa bantuan yang sudah digelontorkan,” ungkap Airlangga.

“Tapi lebih lebih kepada perubahan yang berhasil diciptakan oleh Penerima. Jika program ini berhasil menciptakan perubahan pada diri penerima, maka baiklah hasilnya,” kata dia.

Airlangga juga menanggapi hasil survei Cyrus Network terhadap penerima Kartu Prakerja yang baru dirilis hari ini.

Airlangga mengapresiasi atas capaian dari program Kartu Prakerja dimana terjadi penurunan jumlah pengangguran setelah mengikuti program Kartu Prakerja.

“Saya hari ini mendapat kabar, Hasil survei Lembaga yang independen terhadap penerima Kartu Prakerja yang dirilis hari ini, mengkonfirmasi bahwa animo masyarakat yang sangat tinggi juga diikuti kepuasan terhadap pelayanan dan manfaat dari Kartu Prakerja,” Pungkasnya

artikel ini telah tayang dengan di kompas dengan judul Kata Menko Airlangga, Kartu Prakerja Kurangi Banyak Pengangguran

Berita Terkait