oleh

Markaca Minta Peran Aktif Warga Untuk Melaporkan Temuan Tambang Ilegal

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Masalah tambang ilegal hingga kini terus mendapat sorotan dari banyak pihak. Tak terkecuali, Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Markaca.

Markaca menyebut bahwa terkait tambang ilegal ini jika diketahui komisi III keberadaannya akan secepatnya untuk ditindaklanjuti.

banner Pemkot

Namun diakui Markaca, para oknum terkadang pintar dalam menjalankan aksinya. Sehingga ketika dilakukan sidak semua bukti langsung lenyap dari lokasi pertambangan.

“Cuman para pelaku tambang ilegal ini juga kucing-kucingan, sehingga disaat kita Komisi III melakukan sidak yang tersisa hanya bekas dari tambang tersebut,” ungkapnya, Selasa (16/02/2022).

Politisi Fraksi Gerindra itu berharap ada tindakan lebih tegas terhadap para oknum penambang ilegal yang secara tidak langsung telah merugikan banyak pihak. Terutama Pemerintah Kota Samarinda.

“Sayang kalau dimanfaatkan hanya oleh oknum yang tak bertanggung jawab saja. Jadi saya berharap penindakan itu harus jauh lebih tegas lagi, jangan hanya sekedar respon biasa. Setidaknya ada efek jera untuk kedepannya,” tegasnya.

BACA JUGA :  Samarinda Smart City, Anhar: Perhatikan Kondisi Secara Seksama

Dari semua persoalan ini, Markaca menganggap hal paling terpenting ialah laporan dari masyarakat. Karena jika hal tersebut cepat diberikan, maka penindakannya juga akan jauh lebih akurat.

“Nah yang jauh lebih penting ialah laporan dari masyarakat, ketika ada melihat kegiatan tambang ilegal setidaknya cepat untuk melapor, jangan ketika kegiatan itu sudah selesai baru dilaporkan,” tuturnya.

Ditanya mengenai data sementara yang dihimpun komisi III, ia menyebut jika beberapa waktu lalu ada laporan warga soal tambang ilegal yang beroperasi di wilayah pemakaman. Pihaknya pun akan membicarakan hal tersebut secepatnya dan segera meninjau apakah memang benar adanya kegiatan tersebut.

“Jadi ketika ada warga yang melihat aktivitas, diharapakan cepat melaporkan, setidaknya kepada dapil dari DPRD di setiap daerahnya. Bahkan jika mau langsung melaporkan ke DPRD kota kami dari komisi III akan selalu sigap menyambut laporannya,” tutupnya. (Redaksi Kabarborne.id)

Baca Juga