oleh

Harimau Singkawang Lepas, Terkam Pawang Hingga Tewas

KABARBORNEO.ID-Dua harimau di Singkawang, Kalimantan Barat lepas pengurus Sinka Zoo mengatakan hal tersebut dikarenakan nya faktor alam, Hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari mengakibatkan longsor di kawasan Sinka Zoo Singkawang.

dikutip dari CNNIndonesia- Satu dari dua harimau yang lepas dari kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang Kalimantan Barat, ditembak mati petugas, Sabtu (6/2/2021). Harimau-harimau tersebut lepas dari kandang dan menerkam seorang petugas kebun binatang hingga tewas.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, setelah kabur dari kandang, harimau tersebut kabur ke hutan yang terletak di sekitar kebun binatang.

Tim gabungan yang terlibat dalam pencarian dan penangkapan harimau ini melakukan beberapa upaya penangkapan, antara lain, memancing harimau untuk masuk ke kandang. Namun, upaya ini tidak berhasil. Ketika lokasi harimau terlacak, tim gabungan mencoba menembakkan peluru bius namun tidak berpengaruh.

“Kita tembak dengan bius tidak mempan, karena dia lari ya ditembak. Takutnya lari ke permukiman,” kata Adi dikutip dari CNNIndonesia.com , Sabtu (6/2/2021).

Adi mengatakan, pihaknya khawatir harimau tersebut akan mengancam keselamatan warga. Sebab, menurut adi, karena telah menerkam petugas, naluri atau sifat liar binatang tersebut muncul kembali. Sementara, di sekitar hutan tersebut terdapat pemukiman warga.

“Khawatirnya karena dia sudah belajar berburu ya takutnya kalo kita biarkan akan terus berkelanjutan,” paparnya.

“Prinsipnya, keselamatan manusia tetap nomor satu,” lanjut Adi.

Menurut Adi, medan yang berupa hutan menyulitkan pencarian karena harimau menjadi sulit dilacak. Selain itu, pergerakan tim gabungan juga menjadi terbatas.

“Medannya hutan satwa itu kan sulit dilacak dan pergerakan tim jadi terbatas,” terang Adi.

Adapun tim gabungan yang terlibat dalam pencarian ini adalah BKSDA Kalbar, TNI-Polri, dan sejumlah mitra. Adi tidak bisa memastikan satuan yang menembak harimau tersebut. Menurutnya, tim BKSDA, dilengkapi dengan peluru bius. Sementara, TNI – Polri dilengkapi peluru tajam.

Hingga saat ini, seekor harimau masih dalam pencarian. Himbauan agar masyarakat setempat tetap di dalam rumah juga masih berlaku. “Masih,” kata Adi.

Sebelumnya, dua ekor harimau di kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat kabur. Dua satwa tersebut sempat menerkam petugas kebun binatang hingga meninggal dunia.

Berdasarkan rilis resmi Polres Singkawang, kejadian bermula ketika Agus, salah seorang petugas di kebun binatang Sinka Zoo melepaskan harimau ke taman bermain pada Jumat (5/2/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Hal ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan.

Agus kemudian pergi untuk membeli perlengkapan mandi. Ia meminta petugas lain yang bernama Itus untuk memasukkan harimau tersebut dan beruang ke dalam kerangkeng.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Agus mendapatkan kabar dari petugas kebun binatang yang bernama Erik bahwa kandang harimau telah jebol. Ia kemudian mengecek kabar tersebut dan mendapati kandang memang telah jebol dan harimau berada di luar kandang. Selain itu, Agus juga melihat darah dan menemukan Ferry Darmawan telah tergeletak.

“Diduga diterkam oleh harimau tersebut,” kata Kapolres Singkawang Ronald dalam keterangan tertulis.(redaksi kabarborneo)

Artikel ini telah tayang di CNNIndonesia.com dengan judul Harimau Lepas di Singkawang Ditembak Mati, Satu Masih Dicari

BACA JUGA :  Buntut Cuitan Soal Natalius Pigai, Abu Janda Dipanggil Bareskrim Polri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait