Peristiwa

DPRD Kota Samarinda Beri Catatan di Satu Tahun Kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – DPRD Samarinda selaku mitra kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda memberi sejumlah catatan terkait capaian program selama 1 tahun masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi.

Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono menyampaikan, masyarakat Kota Samarinda dapat menilai sendiri bagaimana kinerja wali kota dan wakilnya selama 1 tahun menjabat.

Khususnya, menyangkut realisasi 10 program unggulan pemimpin Kota Samarinda yang terkenal dengan jargon “Samarinda Kota Pusat Peradaban”.

“Terkait visi misinya (wali kota) sekarang kita bisa lihat melalui program Pro Bebaya itu yang sudah mulai ditindak lanjuti, cuma eksekusinya memang belum,” ucapnya, Selasa (1/3/2022).

Ketua DPRD itu mengakui memang dalam melaksanakan program-program yang dicanangkan wali kota, Pemerintah Kota Samarinda tak luput dari sederet permasalahan dan kendala.

Namun pada tahun pertama kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota saat ini, beberapa progres perubahan menurutnya sudah mulai terlihat.

“Barangkali apa yang direncanakan itu tidak bisa langsung dieksekusi, pasti ada banyak kendala terutama pekerjaan-pekerjaan besar,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Masyarakat Mengadu, Komisi III Samarinda Gerak Cepat Sidak ke TPA Bukit Pinang

Salah satu yang menjadi program prioritas Andi Harun-Rusmadi dari sejak awal kampanyenya adalah penanganan masalah banjir di Samarinda.

Gagasan demi gagasan telah dikemukakan kepada DPRD untuk merealisasikan penanggulangan permasalahan Kota Tepian ini.

Beberapa diantaranya pun telah mulai dilaksanakan melalui anggaran APBD perubahan tahun 2021 dan sebagiannya sudah tercantum dalam APBD 2022 melalui persetujuan DPRD.

Menurut Sugiyono gagasan itu patut ditunggu realisasinya agar terlihat efektivitasnya bagi masyarakat.

“Sampai saat ini kan masih dipersiapkan, termasuk polder-polder itu ya,” sambungnya.

Sugiyono mengapresiasi cara memimpin Wali Kota Andi Harun yang dikatakannya cukup responsif, termasuk koordinasi dan kerjasama pemerintah dengan DPRD.

“Kalau pak Andi Harun sekarang ini cukup responsif ya terhadap permasalahan apapun, dan kerjasamanya dengan DPRD sangat baik, kalau ada laporan apa-apa pasti langsung ditanggapi,” tutupnya. (Redaksi Kabarborneo.id)

Related Articles

Back to top button