Peristiwa

Dewan Samarinda Sambut Baik, Rencana Pembangunan Kampus di Kawasan IKN

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Yayasan Sanata Dharma (YSD) Yogyakarta dikabarkan akan membangun kampus di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Merespon rencana tersebut, Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar mendukung rencana pembukaan kampus favorit baru di kawasan IKN.

“Sangat mensuport dengan dibukanya kampus di IKN otomatis pemuda kita tidak perlu jauh-jauh berkuliah sampai ke pulau Jawa,” ujarnya, Rabu (2/3/2022).

Deni tak menampik bahwa kampus di pulau Jawa masih menjadi primadona para bagi para pelajar yang baru selesai menempuh pendidikan di tingkat SMA atau SMK.

“Karena selama ini selalu identik ketika anak SMA atau SMK lulus selalu ingin berkuliah di pulau Jawa karena seperti diketahui di sana memiliki prasarana dan SDM yang memadai,” sambungnya.

BACA JUGA :  Setelah Terbebas Dari Covid-19, Samarinda Siap Masuk Fase Endemik

Ditanya mengenai kampus lokal, Politisi Gerindra itu menyatakan bahwa kualitas kampus di Kalimantan Timur, khususnya di Samarinda juga tak kalah dengan kampus yang ada di pula Jawa.

“Tidak ada masalah dengan kampus lokal justru sangat bagus dan juga sudah memiliki penilaian positif,” tegasnya.

Namun alasa utama yang membuat dirinya mendukung yakni terkait ketersediaan kampus. Mengingat jumlah lulusan SMA dan SMK setiap tahunnya dengan yang sangat banyak.

“Jangan jadikan saingan, karena lulusan SMA dan SMK setiap tahunnya sangat banyak. Sehingga kalau kampus lokal penuh bisa pergi ke PPU atau lokasi IKN untuk memilih kampus di sana,” tutupnya. (Redaksi Kabarborneo.id)

Related Articles

Back to top button