oleh

Kabar Gembira Bagi Mahasiswa, Beasiswa Kaltim Tuntas Resmi di Buka

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor resmi buka beasiswa Kaltim tuntas (BKT) Tahun 2021, pada Kamis (25/3/2021).

Dalam upaya meningkatkan pendidikan pelajar, Isran kembali buka beasiswa kaltim tuntas dan stimulan kali ketiga dengan kuota terbatas.

“Karena ada batasan anggaran, jadi harus dipahami tidak semua bisa mendapatkan itu,”ujarnya.

Di ketahui anggaran Beasiswa Kaltim Tuntas pada Tahun 2020 murni berkisar Rp 67 miliar dan APBD perubahan menjadi Rp 165 miliar. Untuk Beasiswa Tuntas 2021 berkisar Rp 88 miliar berasal dari APBD.

“Mudah – mudahan tahun ini anggaran beasiswa Kaltim tuntas bisa sama dengan tahun 2020, Kisaran Rp 165 miliar,” harap Isran.

Dalam sambutannya Kepala Badan Pengelola Beasiswa Tuntas (BP – BKT), Iman Hidayat menjelaskan ada beberapa penyesuaian pendaftaran dengan tahun sebelumnya Terdapat 2 kategori.

BACA JUGA :  Indonesia Waspadai Flu Burung Langka H10N3 yang Menular ke Manusia

Bagi akreditasi B, calon pendaftar bisa mendaftar ke Kaltim Tuntas. Bagi akreditasi C, calon bisa mendaftar ke Kaltim Stimulan.

Formula perhitungannya sebagai berikut :
(2 x Bobot IPK) + (1  × Bobot Akreditasi Program Studi) + (1.5 X Bobot Akreditasi Perguruan Tinggi) dan hasil ini dibagi 4.5, setelah itu akan dikali 10.

Isran Noor, saat di singgung awak media mengenai apakah ada perubahan kategori dari tahun sebelumnya dengan tahun ini, ia menjelaskan untuk tahun ini lebih di fokuskan kepda mahasiswa di dalam negeri.

“Kalau untuk 1 orang kuliah di luar negeri, beasiswanya bisa buat 10 – 20 orang yang kuliah di dalam negeri. Jadi terlalu mahal, makanya ini jadi pertimbangan,” pungkasnya.

Untuk pendaftaran BKT ini bisa diakses melalui website www.beasiswa.kaltimprov.go.id . Pendaftaran akan berakhir pada 12 Mei 2021. ( Kabarborneo / Ansyanf )

Berita Terkait