oleh

Hapuskan UN, di Balikpapan ada 11 Ribu Lebih Siswa SD dan SMP yang bakal Lulus.

KABARBORNEO.ID, Balikpapan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, tengah mempersiapkan pelaksanaan ujian bagi siswa SD dan SMP yang akan lulus pada tahun ini.

Muhaimi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan mengatakan, sesuai dengan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ujian Nasional (UN) yang seperti dilakukan tahun sebelumnya akan dihapus pada tahun ini.

“UN ditiadakan, digantikan dengan Asessmen Nasional (AN) itu sifatnya sampling di seluruh sekolah maksimal 30 orang saja kelas 5,” kata Muhaimin.

Ia mengatakan sistem baru ini bukan untuk ujian, melainkan untuk mengetahui kompetensi siswa saat akan melakukan ujian yang dibuat oleh pusat nantinya.

“Kalau untuk kelas 6 dan 9 SMP tidak ada UN seperti keputusan Menteri yang sudah disampaikan, yang ada ujian sekolah,” katanya.

BACA JUGA :  Walikota Terpilih Kota Balikpapan, Dana Bantuan Pusat Akan Difokuskan untuk UMKM

Muhaimin juga mengatakan untuk jumlah siswa SD dan siswa SMP yang akan lulus tahun ini mencapai 11 ribu lebih siswa.
“Kalau yang SD ke SMP itu sekitar 11.000 lebih yang akan lulus tahun ini, kalau yang SMP ke SMA itu sekitar 10.400 lebih yang akan lulus tahun ini,” ujarnya.

“Nah ini tugasnya Disdikbud akan berkoordinasi dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) agar bobot di masing-masing sekolah menjadi sama,” lanjutnya.

Demikian yang dilakukan Disdikbud Balikpapan agar sekolah dapat memberikan penilaian secara standar, tidak semau-maunya, disesuaikan kondisi dan kemampuan siswa. (tim redaksi Kabarborneo)

Berita Terkait