oleh

Wali Kota Samarinda Lakukan Integrasi Konsep Smart City 

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA Wali Kota Samarinda, Andi Harun melakukan rapat koordinasi kegiatan fasilitasi tinjauan lapangan (Field Evaluation) secara daring dan pembaharuan dewan Smart City Serta tim teknis Smart City di Ruang Rapat Walikota Lantai II Balaikota Samarinda pada Kamis (29/4/2021).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh, Wakil Wali Wota Samarinda, Rusmadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin dan OPD terkait.

Andi Harun mengatakan dalam rapat kali ini untuk mematangkan konsep smart city yang direncanakan untuk ditingkatkan dan terintegrasi pada enam pilar.

“Enam pilar yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding,” kata Andi Harun.

“Smart economy kami usahakan cashless khusus transaksi di lingkungan pemerintah dan akan dilakukan edukasi kemasyarakat agar transaksi cashless mulai di budayakan PAD itu langsung online, smart pendapatan asli daerah termasuk didalamnya,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Ketua Komisi III DPRD : Kejahatan Lingkungan Masuk Rencana Penanggulangan Bencana Kota Samarinda Tahun 2021 - 2025

Lanjutnya, Untuk Smart people, masyarakat dengan mudah mengakses ingformasi, seperti informasi banjir, longsor, genangan air, dan upaya yang dilakukan pemerintah kota samarinda dan bantuan apa saja yang didapatkan masyarakat nantinya muda untuk diakses.

“Semua menjadi lebih termobilisasi informasinya,” ujarnya.

Untuk konsep smart city akan direalisasikan secara bertahap, Andi Harun sudah mengintruksikan Kepala Dinas untuk segera melakukan integrasi secara kompak sehingga mudah untuk dilakukan sinkronisasi dengan sistem smart city.

“Nanti ada lini sektornya dari kominfo dan pengawasannya langsung oleh Wakil Wali Kota Samarinda” pungkasnya.(KabarBorneo / Rasyid) 

Berita Terkait