oleh

Wali Kota Andi Harun Resmi Dilantik Sebagai Ketua Aspeksindo, Kadis Perikanan Samarinda Yakin Dapat Angkat Perekonomian Pesisir

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun resmi dilantik sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) periode 2021-2025 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta pada Kamis, 24 Februari 2022.

Kepala Dinas Perikanan Samarinda, Sam Syaimun menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Wali Kota Andi Harun.

banner Pemkot

Syam Syaimun mengatakan, terpilihnya Wali Kota Andi Harun merupakan keputusan yang tepat.

Sebab berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2020 Tenteng Rencana Zonasi Kawasan Antar Wilayah Selat Makassar, Pasal 41 Ayat 2 butir a disebut kawasan Samarinda, Sanga-Sanga, Muara Jawa dan Balikpapan (Sasamba) di Provinsi Kalimantan Timur masuk dalam rencana zonasi kawasan strategis nasional (KSN) peruntukkan ruang laut untuk kepentingan ekonomi.

“Samarinda adalah kota penyangga IKN di bidang kelautan,” kata Sam Syaimun saat dihubungi awak media melalu telepon seluler pada Kamis (24/2/2022).

Terpilihnya Andi Harun sebagai Ketua Umum Aspeksindo juga dipastikan Sam Syaimun telah melalui mekanisme yang tepat.

BACA JUGA :  MTQ Ke-43 Kota Samarinda Resmi di Buka, Andi Harun : Dengan MTQ Menjadi Semakin Cinta Al-qur'an.

Orang nomor satu di Samarinda ini diangkat secara aklamasi menggantikan Abdul Gafur Mas’ud saat Munas II Aspeksindo di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di awal Oktober 2021 lalu.

“Beliau (Andi Harun) memiliki kapabilitas untuk memimpin Aspeksindo ke depan,” ucapnya.

Dilantiknya Andi Harun sebagai Ketua Umum Aspeksindo juga diyakini Sam Syaimun akan membawa dampak positif terhadap sektor pesisir daerah. Terlebih, jika dibandingkan dengan 10 kabupaten/kota di Kaltim, Samarinda memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak.

“Hasil perikanan tangkap dan budidaya tentunya sangat menguntungkan jika dipasarkan di Samarinda,” lanjutnya.

Terpenting lanjut dia, Andi Harun diyakini Sam akan mengangkat daerah kepulauan dan pesisir di Indonesia. Kolaborasi membangun Indonesia dari pinggiran. Akses untuk meningkatkan kepentingan di sektor kelautan dan perikanan juga semakin mudah.

“Jadi kita tidak hanya melihat (Andi Harun) sebagai Wali Kota Samarinda saja. Tapi juga sebagai figur nasional,” pungkasnya. (Tim Redaksi KabarBorneo.id)

Baca Juga