oleh

Jadi Kuliner Khas Kota Samarinda, Sate Ikan Patin Akan Tersedia di Hotel

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA- Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi membuka Acara Jelajah Expo Kuliner Khas Samarinda Sate Ikan Patin di Ballroom Hotel Mercure pada Rabu Malam (24/3/2021).

Acara Expo Kuliner yang diselenggarakan oleh Badana Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dihadiri oleh Wali Kota Samarinda Rusmadi, Ketua BPPD Samarinda Muhammad Zulkifli, Sekertaris Parekraf, Nasrullah, dan Komisi II DPRD Kota Samarinda, Arbain.

Selain itu, ada enam Hotel bintang empat yang menghadiri acara tersebut yaitu Hotel Harris, Hotel Midtown, Hotel Mercure , Hotel Aston, Hotel Swiss Bell, dan Hotel Senyiur.

Ketua BPPD Samarinda, Zulkifli mengungkapkan Nasi Kuning belum menjadi kuliner khas Kota Samarinda.

“Nasi Kuning belum menjadi branding yang kuat untuk ciri khas Samarinda. Sate Ikan Patin ini betul-betul Enak dan go to the Hotel selain itu harganya juga murah. Ini menjadi baik sehingga menjadi khas kuliner Kota Samarinda,” kata Zulkifli.

BACA JUGA :  Dianggap Berbahaya Bagi Lingkungan, Rusmadi sebut Minyak Jelantah Bernilai Ekonomis jika Dimanfaatkan.

Rusmadi mengatakan kuliner lokal Sate Ikan Patin ini merupakan salah satu produk wisata yang memiliki daya tarik untuk mengundang banyak wisatawan dan akan membawa pengaruh peningkatan ekonomi.

“Bahkan tidak hanya berkontribusi untuk pariwisata, kuliner juga akan membawa pengaruh peningkatan ekonomi kreatif dan sektor ketenagakerjaan di tengah masyarakat” kata Rusmadi.

Rusmadi optimis olahan Ikan Patin dapat menjadi komoditas unggulan dan makanan khas Samarinda.

“Saya yakin kuantitas dan kualitas ikan patin Samarinda mampu memenuhi ketersediaan bahan pokok dalam usaha ekonomi kreatif di tingkat UMKM,” ujar Rusmadi.

Mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi berharap Acara Jelajah Expo Kuliner ini dapat menumbuhkan semangat inovasi masyarakat.

“Semoga kegiatan in bisa menjadi sarana menambah daya kreasi dan inovasi dalam pengolahan makanan khas daerah khususnya yang berbahan dasar ikan,” tutup Rusmadi. ( KabarBorneo / Rasyid )