oleh

Alat GeNose Covid-19 Kini Hadir di Kota Samarinda

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA- Wali kota dan Wakil Wali kota Samarinda mengikuti demo Alat Genose Covid-19 di Balai Kota Samarinda pada Selasa Sore (16/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan ( Kadinkes) Samarinda, Ismed Kusasih mengatakan untuk sementara ada 7 Alat GeNose Covid-19 yang sudah siap digunakan.

Untuk 4 Alat GeNose Covid-19 nantinya akan di simpan di 4 Puskesma Kota Samarinda.

Hal ini juga sesuai dengan program Walikota Samarinda 100 hari kerja yakni adanya penguatan dari peran puskesmas untuk dilakukan tracing covid-19.

“Nanti kita liat, yang jelas dengan peningkatan peran puskesmas sekarang untuk perawatan ada 4 puskesmas yaitu puskesmas sungai siring, lempake, palaran dan segiri” kata Ismed.

Sementara Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IA Moeis Syarifah Rahima, mengatakan untuk menentukan hasil yang baik sebelum pemeriksaan tidak dianjurkan mengonsumsi bahan-bahan kadar yang tinggi dan makanan yang beraroma.

BACA JUGA :  "Saya siap untuk berbicara," kata Meghan dalam sebuah kutipan yang ditayangkan stasiun TV Amerika Serikat CBS

“Sebaiknya 30 menit sebelum pemeriksaan tidak ada makan dan minum” kata Syarifah.

Lanjutnya, untuk biaya pembelian alat GeNose Covid-19 dari pihak UGM meminta dalam proses transaksi nantinya melalui pihak ketiga.

“Sekitar 100an juta satu set, lengkap ada leptopnya, BHP, kan ada kantognya dan filternya” kata Syarifah

Untuk biaya penggunaan alat GeNose Covid-19 untuk keluar Kota dan keperluan lainnya masih menunggu keputusan aturan Perwali Kota Samarinda.

“Untuk pemeriksaan saja itu gratis tetapi, untuk meminta surat keterangan yang digunakan keluar kota dan lain-lain itu akan ditetapkan melalui perwali” pungkas dr Rahimah. ( KabarBorneo / Rasyid )

Berita Terkait