oleh

Danlanud Dhomber Balikpapan Rencanakan Bangun Pangkalan TNI AU di Samarinda Sebagai Penyanggah IKN

KABARBORNEO.ID, SAMARINDA – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Dhomber melakukan audiensi dengan Walikota Samarinda di Balaikota Samarinda pada Selasa (13/4/2021).

Saat ditemui awak media, Kolonel Pnb Dedy Susanto, Komandan Lanud Dhomber Balikpapan mengatakan dalam pertemuan tersebut dalam rangka mejalin silaturahmi sekaligus mensosialisasikan tugas dari dhomber kepada setiap pemerintah daerah.

“Jadi sebenarnya AU Dhomber wilyah tanggung jawab dan operasinya itu di Kalimantan Timur dan sebagian selat makasar, jadi atas itulah kita punya kepentingan untuk mensosialisasikan kepemerintah daerah,” katanya.

Selama ini perwakilan Dhomber hanya di Balikpapan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Wali Kota, Gubernur dan beberapa Bupati untuk menempatkan Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di beberapa tempat termasuk di Kota Samarinda.

BACA JUGA :  TKSK Sampaikan Aspirasi Ke Pemkot Samarinda, Rusmadi : Mereka Berharap Di Angkat Jadi PTTH

“Apabila ada misi kemanusian dan sebagainya, artinya kami ada LO disini, jadi ada yang bisa menghubungkan antara angkatan udara dengan pemerintah daerah,” Ujarnya saat ditemui awak media.

Ia menambahkan untuk di bandara APT Pranoto akan dikembangkan secara pelan-pelan perwakilan untuk daerah penyanggah IKN nantinya.

Lanjutnya, keberadaan pangkalan TNI AU di Samarinda sebagai pertahana udara, ketika ada IKN, pangkalan TNI AU sudah siap lebih dini meskipun nantinya ada rencana pangkalan udara khusus di Penajam Paser Utara (PPU).

“Di Samarinda ini kami juga sebagai daerah penyanggah, kami juga membutuhkan pangkalan, paling tidak sebagai alternate base ketika salah satu pangkalan tidak bisa didarati karena cuaca atau kondisi lainnya,” pungkas (KabarBoeneo.id/Rasyid)

Berita Terkait