oleh

Puasa Ramadhan Pada Saat Pandemi Covid-19 Lancar, Lakukan 4 Tips Sehat Ini

KABARBORNEO.ID- Bulan Suci Ramadhan telah tiba, tahun ini suasana puasa ramadhan sedikit berbeda dengan tahun-tahunnya karena di masa pandemi covid-19 dan diwarnai dengan program vaksinasi pemerintah, yang membuat perbedaan hanya di menjalankan ibadah dengan protokol kesehatan. tetapi, makna dari puasa ramadhan tersebut ialah untuk beribadah kepada Allah SWT dan salah dari rukun islam umat Islam.

Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat pula. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas di siang hari.

Puasa sehat di masa pandemi tidak jauh beda dengan puasa ramadhan tiap tahunnya,” ungkap Martha KurniaKusumawardani dokter spesialis rehabilitasi medik Universitas Airlangga, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (13/4).

Namun ketika menjalankan puasa di tengah pandemi ini, Martha memberikan beberapa tips agar puasa bisa berjalan dengan lancar dan sehat, berikut 4 tips dari dr. Martha :

1. Jaga Protokol kesehatan

Di masa pandemi seperti saat ini, tugas Anda bertambah untuk menjaga kesehatan diri selama puasa. Meskipun puasa atau saat merasa tubuh lemas saat puasa, Anda tetap harus waspada untuk menjalankan protokol kesehatan.

Satu hal yang harus dijaga adalah protokol kesehatan saat merencanakan buka puasa bersama.

“Tetap jaga protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.”

2. Nutrisi sahur dan buka

Sama seperti puasa di tahun sebelumnya, nutrisi sahur dan buka puasa harus diperhatikan. Ketika puasa, tubuh harus mendapat nutrisi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya.

Dokter spesialis gizi klinis,Tirta Prawita Sari, mengatakan bahwa poin terpenting adalah dengan memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi saat sahur dan berbuka puasa. Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein.

“Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi gorengan akan membuat tubuh lebih bugar. Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup,” ujar Tirta, dalam keterangan resmi dari RSPI, Senin (12/4).

BACA JUGA :  Anas Urbaningrum disebut Pernah Alami Kasus Kudeta AHY

Tak cuma saat sahur, Martha juga mengungkapkan bahwa asupan saat buka puasa juga tak kalah penting.

“Tetap sahur dengan makanan yang bergizi dan mengakhirkan sahur.”

3. Olahraga

4. Tetap beraktivitas

“Selama berpuasa, tetaplah melakukan aktivitas yang biasa dilakukan,” kata dia.

“Hanya saja kurangi aktivitas yang dirasa menguras tenaga.”

Puasa bukan berarti Anda tak beraktivitas sama sekali alias benar-benar jadi kaum rebahan. Saat berpuasa Anda juga masih bisa beraktivitas seperti biasa, misalnya olahraga, bekerja, mengerjakan berbagai pekerjaan rumah, atau aktivitas lainnya.

Artikel ini telah tayang di cnnIndonesia.com dengan judul : 4 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

 

Berita Terkait