oleh

Lima Hal dalam Tulisan Tangan ini Ungkapkan Kepribadian Kamu

KABARBORNEO.ID, – Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan tangan setiap orang unik dan dapat dikenali dengan perangkat lunak khusus ditilik dari ilmu grafologi Tulisan tangan bisa menjadi gambaran kepribadian seseorang, 

Ada lima hal yang dijadikan indikator karakter orang tersebut dari tulisan tangannya.

Ilmu yang merupakan cabang dari psikologi ini dipercaya dapat memberikan gambaran karakter dengan cukup akurat. Selain itu, banyak pula yang menjadikannya dasar untuk menguji kesehatan mentalnya.

John Beck, founder dari British Institute of Graphologist mengatakan, jika ilmu ini berusaha menginterpretasikan simbol yang muncul dalam tulisan tangan untuk menggambarkan kondisi psikologis seseorang.

“Ada perbedaan dari setiap gaya tulisan yang menjadi pembeda pola kepribadian seseorang,” terang praktisi yang berpengalaman selama lebih dari 40 tahun ini.

Meski demikian, gaya tulisan tangan ini hanya bisa dinilai dari alafabet latin dan Romawi.

Ia menjelaskan jika ada 5 hal yang bisa jadi indikator utama antara lain:

  • Ukuran

Ukuran huruf berkaitan dengan pengakuan yang diinginkan oleh seseorang. Penulis dengan kecenderungan huruf besar suka diperhatikan dan capaian status sosial.

Sebaliknya, huruf kecil menunjukkan kecenderungan seseorang tidak suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, karakter ini juga lebih suka menganalisis berbagai hal di sekitarnya.

  • Spasi

Beck menyebutkan jika jarak antar huruf dapat menggambarkan persepsi penulis akan dunia dan kecenderungan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Huruf yang saling berdekatan menandakan penulis yang lebih intuitif dan cerdas. Sedankan spasi yang lebih lebar menunjukkan karakter seseorang yang lebih hati-hati dan logis.

  • Tanda tangan

Tanda tangan menggambarkan bagaimana kita ingin dipandang oleh orang lain. Beck menjelaskan hal ini yang menyebabkan tanda tangan kerap berbeda dengan tulisan tangan khususnya pada pria.

Kombinasi tanda tangan yang berbeda dengan gaya tulisan tangan bisa menunjukkan karakter di dalam dan di luar yang berbeda. Misalnya saja tulisan kecil dengan tanda tangan besar menunjukkan karakter yang tenang namun dengan ekstrovert.

  • Kemiringan tulisan

Tulisan yang miring ke kiri menunjukkan karakter introvert dan lebih dipengaruhi oleh ibu. Sebaliknya, tulisan yang cenderung ke kanan menandakan seseorang yang ekstrovert dengan pengaruh ayah yang besar.

Sementara tulisan tegak lurus bisa berarti seseorang yang orang tuanya memiliki kepribadian yang sangat kontras dan sama sekali berbeda satu sama lain.

  • Huruf tertentu

Pada metode yang lebih lawas, huruf tertentu bisa menekankan adanya kecenderungan tertentu pula. Meski demikian, Beck mengatakan jika hal ini tidak sepenuhnya benar meski tidak bisa diabaikan.

“Setiap huruf ada pengaruhnya, tidak ada yang khusus,” terangnya.(tim redaksi kabarborneo) 

 

BACA JUGA :  Yuniarto, Wayang Pop Culture Diapresiasi Disney

artikel telah tayang di kompas dengan judul 5 Indikator yang Jadi Penentu Kepribadian Berdasarkan Tulisan Tangan

Berita Terkait